HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Update Covid-19 di Kabupaten Samosir


Samosir.Matalensa.co.id.
PANGURURAN - Tambah 24 Kasus Baru, 9 Sembuh, Kumulatif Konfirmasi Positif Menjadi 863 Kasus.

Data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir hari ini, Senin (19/7/2021), tambah 24 kasus baru; 9 sembuh, dan kumulatif konfirmasi positif 863 kasus. Persentase kasus aktif sebesar 44.48%, sembuh 52.95%, dan meninggal dunia 2.20%. Selisih antara sembuh dan kasus aktif hanya sekitar 8.47%. Tantangan penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir untuk penurunan kasus aktif masih sangat tinggi. Oleh karena itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir tetap berupaya keras untuk memberhasilkan PPKM berbasis mikro di seluruh desa/dusun.


Upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan tetap dilaksanakan Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan. Untuk Kecamatan Onanrunggu/Nainggolan/Simanindo tetap melakukan penjagaan kedatangan ferry dan/atau kapal kayu sesuai jadwal pada pintu masuk pelabuhan dan memastikan syarat-syarat masuk dipatuhi oleh pelaku perjalanan dari luar Kabupaten Samosir dan hal sama juga dilakukan Satgas Desa/Kecamatan Harian pada pintu masuk jalur darat Tele. 


Di samping itu, setiap Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan melanjutkan tracing (telusur kontrak erat) dari warga yang konfirmasi positif. Tidak hanya tracing, Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan juga melakukan pemantauan terhadap warga yang melaksanakan isolasi mandiri dan pelaku perjalanan yang masuk ke desa/dusun.


Untuk penanganan dan pembantuan Covid-19, Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan Palipi melaksanakan pemakaman jenazah terpapar Covid-19 di Lumban Malau, Dusun 3, Desa Simbolon Purba, Minggu (18/7). Selain itu, Satgas Covid-19 Desa/Kecamatan Harian (Senin, 19/7/2021) juga melaksanakan pemakaman jenazah terpapar Covid-19 di Desa Harian demikian juga dengan Satgas Covid-19 Desa/Kecamatan Onanrunggu di kewilayahannya.  


Seluruh Satgas Covid-19 Kecamatan/Desa tetap siaga melakukan kegiatan penjagaan di Pos Komando (Posko) baik pada jalur darat maupun danau serta pada desa-desa untuk mendukung pemberhasilan PPKM berbasis mikro untuk menurunkan angka konfirmasi positif pada hari-hari mendatang.


Singkatnya, seluruh Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan di Kabupaten Samosir tetap siaga melakukan upaya pencegahan, pengendalian, penanganan, dan pembantuan Covid-19 berdasarkan skenario yang ditetapkan setiap harinya selama PPKM berbasis Mikro diberlakukan. Oleh karena itu, mari tetap dukung Satgas Covid-19 mulai dari dusun/desa/kecamatan/kabupaten dalam melaksanakan tugas-tugas mereka terutama bagian kita yaitu menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu.


Saat ini, seluruh Satgas Covid-19 Dusun/Desa/Kecamatan sedang mensosialisasikan Surat Edaran Bupati (SE) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Adat Istiadat/Pesta di Kabupaten Samosir yang mencakup: 


(1) acara Adat/Pesta dan atau acara yang berpotensi mengundang kerumunan ditiadakan dan hanya diperbolehkan melaksanakan acara Pemberkatan di Gereja/Tempat Ibadah dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat;


(2) untuk acara Adat Kematian hanya diperbolehkan paling lama 2 (dua) malam dengan menerapkan Protokol Kesehatan dan tidak dibenarkan menggunakan musik/gondang karena sangat berpotensi mengundang kerumunan;


(3) jenazah yang dibawa dari luar Kabupaten Samosir tidak boleh diinapkan dan harus dikebumikan pada hari itu juga dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat; dan 


(4) Surat Edaran ini berlaku sejak tanggal 21 Juli sampai dengan 31 Juli 2021 dan dapat ditinjau kembali sesuai dengan kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir. 


Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam mobilitasnya yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. Di samping itu, Satgas juga mengimbau masyarakat pelaku perjalanan ke luar Kabupaten Samosir agar menunda perjalanannya kalau tidak sangat penting selama PPKM dilaksanakan.


(Ranto.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *