HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Menanti Program Kesehatan Bupati Samosir Dalam Penanganan Covid 19


Samosir.Matalensa.co.id.
Oleh : Frans Sinaga


PANGURURAN - Dilansir dari laman Pemkab Samosir per tanggal 29 Juni 2021 tercatat yang tersuspek atau yang diduga 2 orang, konfirmasi positif covid 19 sebanyak 77 orang, korban meninggal karena covid 19 sejumlah 18 orang dan 315 pasien sembuh dari covid 19.

Melihat kondisi data yang dilansir tersebut sudah sangat penting untuk menjadi perhatian bagi pemkab Samosir untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak meluas korban covid 19. Melihat data diatas sudah bisa kita akumulasi bahwa korban covid 19 sudah mendekati angka 500 orang. Bila ini tidak segera ditanggapi dengan melakukan tindakan mitigasi maka ini akan sangat riskan terhadap kesehatan masyarakat Samosir.

Kita belum melihat arah yang pasti kebijakan Bupati Samosir Vandico Gultom mengenai penanganan dan pengendalian covid 19. Di dalam pemberitaan saat ini covid 19 telah melakukan mutasi dan terakhir ditemukan virus covid 19 varian delta. Virus varian delta disinyalir berasal dari India pada Oktober 2020 kemudian menyebar melalui mobilisasi warga dunia antar benua termasuk ke Indonesia. Virus covid varian delta ini lebih berbahaya daripada virus covid 19 varian pertamanya. Persoalan penanganan melonjak pasien covid 19 harus ditangani serius.

Seruan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) telah dilakukan sejak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pertengahan Maret 2020 dan berlanjut pada keputusan PPKM mikro Darurat Presiden yang diberlakukan 2 Juli 2021 bagi Jawa dan Bali, namun masyarakat masih belum memaksimalkan diri untuk melakukan prokes sampai saat ini. Dan kita tidak bisa mengabaikan situasi darurat ancaman bagi kesehatan dan nyawa masyarakat.

Sejak 26 April 2021 Vandico Gultom dilantik sebagai Bupati Samosir belum tampak signifikan dalam penanggulangan covid 19, padahal saat ini diperlukan keputusan yang cepat dan tepat pada situasi yang mendesak masa pandemi corona. Sosok kepemimpinan diperlukan disaat genting yang mengancam kesehatan warganya. Kepedulian kepala daerah sangat diperlukan untuk mengangkat moril masyarakat dimana pandemi corona yang telah mengancam kesehatan dan perekonomian masyarakat. 

Sekilas mengingat pengendalian covid 19  pada tahun 2020, dimasa pemerintahan terakhir mantan bupati Samosir Rapidin Simbolon, beliau dengan tegas menginstruksi melakukan penjagaan yang diperketat pada wilayah yang berbatasan dengan kabupaten tetangga baik batas darat melalui Tele dan wilayah dermaga di Samosir. Sebagai ketua gugus covid 19 beliau bertindak tegas yang mungkin tidak menyenangkan semua pihak namun terbukti Samosir pernah nihil korban covid 19 (Kompas 17-18 Juni 2020). Kebijakan beliau memang tidak populis namun masyarakat Samosir bisa dengan leluasa melakukan aktivitasnya asalkan tidak melakukan keluar masuk ke Samosir, dan pihak luar yang masuk ke Samosir dilakukan pengawasan yang diperketat. 

Dalam hal penanganan covid 19, Bupati Vandico Gultom sebaiknya segera melakukan evaluasi kerja dan melakukan terobosan mengendalikan penyebaran virus covid 19 dan belajar dari pemimpin dahulu bagaimana mengatasi penyebaran covid 19 agar potensi mengancam nyawa masyarakat Samosir akibat covid 19 dan varian delta tidak menambah terjangkitnya pasien korona karena hal itu akan menggangu perekonomian di wilayah kabupaten Samosir.

Selain melakukan penjagaan ketat dan vaksinasi massal dipercepat, saran untuk Bupati Vandico Gultom sebaiknya memikirkan strategi agar masyarakat Samosir bisa bertahan hidup dengan merancang paket program stimulus ekonomi membangkitkan gairah ekonomi masyarakat di masa pandemi. Kebijakan ekonomi yang dapat dirasakan masyarakat Samosir dan mengupayakan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan di luar rumah dalam waktu yang lama, sehingga dalam keterbatasan situasi di masa pandemi masyarakat masih mampu memiliki penghidupan dan kemampuan daya beli memenuhi kebutuhan hidup. Meski penanganan dan pengendalian pandemi corona bukan termasuk dalam program 100 hari tetapi ini adalah hal mendesak untuk menjaga perekonomian masyarakat aman dan kondusif.


(Ranto.S/Biro Samosir)

Previous
« Prev Post

1 komentar:

Kebijakan pimpinan yg menguntungkan itulah yg di tunggu tunggu masy samosir

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *