HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Semangat Harkitnas Di Masa Pandemi


Samosir.Matalensa.co.id.
Oleh : Frans Sinaga

PANGURURAN - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) selalu diperingati tanggal 20 Mei setiap tahunnya sebagai hari lahirnya Boedi Oetomo 20 Mei 1908. Dimana tanggal ini adalah tonggak sejarah awal kebangkitan kesadaran bangsa Indonesia melalui pergerakan organisasi Boedi Oetomo untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan kesadaran bangsa Indonesia melawan penjajah yang dimotori Dr. Soetomo dan kawan-kawan.



Lantas, bagaimana determinasi bangsa Indonesia di masa pandemi? Apakah bangsa ini tetap berdiam diri tanpa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kemajuan? Apakah tetap menerima situasi kelesuan ekonomi dan berjalan tanpa arah?

Tentu saja, bangsa Indonesia tidak memiliki karakter pasif dan menerima keadaan begitu saja. 


Meski Indonesia pernah dijajah 350 tahun oleh Belanda dan Jepang 3.5 tahun, Indonesia telah membuktikan memiliki karakter pembangunan manusia yang tangguh dan tahan dalam penderitaan.

Dampak perekonomian akibat terjangan virus Corona yang memasuki Indonesia diawal tahun 2020 yang menyebabkan kelesuan ekonomi tidak serta merta Indonesia menyerah. Indonesia telah membuktikan sebagai negara yang kuat di segala bidang. Indonesia pernah mengalami penjajahan bangsa asing, pemberontakan, kerusuhan dan krisis ekonomi. Padahal Indonesia dengan jumlah penduduknya yang berasal dari beragam suku/ etnis, ribuan pulau, ratusan bahasa lokal tidak menjadikan Indonesia pecah. Negara besar dan kuat pun pasti pernah mempelajari sisi kekuatan dan kelemahan Indonesia. 


Presiden Afganistan Ashraf Ghani ketika datang ke Indonesia pada tahun 2017 dimana negaranya mengalami konflik perpecahan dan perang saudara selama hampir 5 dekade mengakui kehebatan Indonesia yang memiliki latar belakang 17 ribu pulau mampu menjadi negara yang kuat dan memiliki strategi-strategi untuk maju menjadi negara besar.


Penulis mencoba memahami apa yang dikatakan Ashraf Ghani, beliau ingin membandingkan betapa Indonesia sebuah negara yang luas wilayahnya, ratusan etnis dan bahasa lokal tentu ini adalah pekerjaan rumah yang berat dan tidak mudah mengendalikan negara sebesar ini namun Indonesia mampu lolos dari tantangan internal dan eksternal seperti serangan politik dan militer dari negara asing. Oleh sebab itu, Afganistan mau belajar untuk mengetahui resep Indonesia menjadi negara tangguh, damai dan dapat bertahan mengatasi persoalan dalam negerinya dan menemukan formula baru untuk membuat Afganistan menjadi negara yang stabil dan damai.

Bangkit dari Keterpurukan

Warga dunia belum mengetahui sampai kapan berakhir pandemi, virus corona mematikan telah menggerus imun warga dunia baik dari kesehatan, peluang hidup dan kesejahteraan keluarga. Pandemi juga telah membuat rapuh fondasi ekonomi setiap negara dan membebani kas keuangan negara untuk membeli vaksin, merawat pasien korona, penyediaan ribuan tenaga kesehatan dan medis dan hal ini juga yang sama dirasakan Indonesia. Namun, Indonesia memiliki sejarah dimana masyarakatnya mampu bertahan dari krisis kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pemberontakan dalam negeri.

Momen Harkitnas ini dapat menjadi perenungan bagi bangsa Indonesia dimana kehendak kuat bangsa Indonesia yang ingin merdeka melalui gerakan kemasyarakatan yang diawali lahirnya organisasi Boedi Oetomo menjadi titik awal perjuangan bangsa Indonesia melawan penindasan masih relevan bagi bangsa Indonesia berjuang melawan kesulitan hidup di masa pandemi. Dan di masa pandemi ini, semangat kebangkitan nasional patut kita renungkan dan menyegarkan ingatan bangsa Indonesia agar terus berjuang untuk melepaskan diri dari kesulitan hidup, terus berkarya dan menjadi pribadi tangguh di masa pandemi Covid-19.


(Ranto S)

Previous
« Prev Post

1 komentar:

Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021. Semoga Pendidikan semakin maju di tangan Naddiem Makarim.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *