HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Ingat! Rapidin Simbolon pernah cetak Zero kasus positif covid-19 di Kabupaten Samosir


Samosir.Matalensa.co.id.
Oleh : Frans Sinaga

PANGURURAN - Saya menulis judul diatas teringat dengan laman Kompas tanggal 17-18 Juni 2020 setelah setengah tahun pandemi corona menerpa Indonesia tahun 2020. Di awal bulan Mei 2020 pemerintah Indonesia menerapkan New Normal agar masyarakat terbiasa dengan pola hidup baru dengan mematuhi protokol kesehatan dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 


Alasan kebijakan Presiden Jokowi tidak mengikuti lock down atau penguncian wilayah yang dilakukan beberapa negara Eropa agar ekonomi masyarakat tetap jalan dan tidak menyebabkan rapuh keuangan negara. dan kita bersyukur pejabat WHO dan negara Eropa seperti Inggris memberi pujian akan proses kerja vaksinasi cepat masa pemerintahan Jokowi. 


Kembali kita ke Samosir, saat itu Bupati Rapidin Simbolon (2020) memikirkan strategi apa saja untuk membatasi gerak virus corona tidak sampai ke Samosir. Beberapa Kabupaten di Sumut tak mampu menahan serangan virus corona karena mobilitas warganya tidak bisa dikendalikan. Rapidin sebagai pemimpin Samosir tahu mengenal baik kondisi geografis dan keadaan di wilayah yang dipimpinnya. Beliau memikirkan populasi lanjut usia (lansia) yang cukup banyak dan warganya di Samosir.


Bila kita lihat laman pemkab Samosir terakhir ini, terkonfirmasi 14 pasien positif corona, sembuh 162 orang, meninggal 8 orang. Peningkatan kasus corona di Samosir saat ini disebabkan sejumlah faktor. Diantara faktor itu adalah masyarakat yang kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan, penjagaan antar lintas kabupaten yang mulai tidak terpantau dan pengunjung luar yang tidak diawasi. Hal ini menambah kesulitan mendeteksi jangkauan virus corona (contact tracing) dibandingkan dengan sikap ketegasan seorang pemimpin akan kebijakan keselamatan dan perlindungan kesehatan warga.


Menurut penulis, strategi yang telah dilakukan Rapidin Simbolon menjaga wilayah Samosir dari terjangan virus corona masih layak diterapkan oleh Plh. Bupati Samosir. Satpol PP, Petugas kesehatan dan anggota TNI/Polri tetap satu koordinasi dalam melakukan penjagaan ketat kepada warga yang melakukan perjalanan dalam dan keluar Samosir. 

Di sisi lain, beberapa hari lalu berita internasional, Presiden Timor Leste Francisco Guterres melakukan penguncian wilayah. Pada Desember 2020 lalu, Presiden Timor Leste berhasil mendapat pujian dunia karena berhasil menjaga negaranya tidak ada korban virus corona, ketika dilonggarkan kebijakan itu di 2021 terjadi peningkatan pasien positif corona di Timor Leste. Dan Presiden Francisco Gutteres melakukan penguncian kembali negaranya baik di perbatasan darat, laut dan bandara. 


Penulis mencoba menganalisa sudut pandang antara Rapidin Simbolon dan Francisco Gutteres, keduanya memiliki kesamaan cara pandang terhadap pandemi, yaitu kedua sosok ini sangat jelas mengetahui kondisi wilayahnya, sejauh apa tingkat pemerataan kesehatan dan ketersediaan rumah sakit dan petugas kesehatan di wilayahnya. Samosir hanya memiliki 1 rumah sakit yaitu rumah sakit Dr. Hadrianus Sinaga dan bukan rumah sakit rujukan pasien covid 19. Meskipun Samosir tidak melakukan penguncian wilayah karena mengikuti instruksi Presiden Jokowi agar perekonomian tetap berjalan namun penjagaan lintas diperketat. Sedangkan di Timor Leste, sistem kesehatan yang belum merata di negaranya dan lock down adalah salah satu kebijakan yang tepat saaat ini sementara penduduk divaksinasi. 

Saat ini pemerintah Indonesia telah menerima 1,1 juta dosis vaksin dari AstraZeneca dibawah pembagian vaksin global fasilitas covax dilansir dari laman wn.com (08/03/2021). Semoga penduduk Samosir segera mendapatkan vaksinasi covid 19, dengan kondisi saat ini belum terlantiknya Bupati-Wakil Bupati Samosir baru karena masih menunggu proses akhir keputusan sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), bukan berarti terjadi keterlambatan program vaksinasi agar segera sampai ke Samosir. 

Kita berharap di bulan Maret 2021 harapan warga Samosir segera terwujud memiliki pemimpin baru di Samosir dan memiliki pemimpin yang tegas untuk melindungi kesehatan warganya. 

Akhirnya, media nasional telah merekam prestasi Rapidin Simbolon pernah cetak nol pasien corona di Samosir. 


Referensi link: 

https://regional.kompas.com/read/2020/06/18/16150081/rahasia-samosir-nol-kasus-covid-19-akses-masuk-dijaga-obyek-wisata-ditutup?page=all

https://regional.kompas.com/read/2020/06/17/15335711/samosir-bersih-dari-virus-corona-bupati-bocorkan-rahasianya?page=all


(Ranto.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *