HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Dinamika Usia 17 tahun Kabupaten Samosir


Samosir.Matalensa.co.id.
Oleh : Frans Sinaga

PANGURURAN - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Samosir setiap tahunnya merayakan hari jadi kabupaten Samosir di penghujung februari. Ulang tahun ke 17 Pemkab Samosir diselenggarakan di halaman kantor Bupati Samosir pada hari Sabtu, 27 Februari 2021. Seperti kita ketahui bahwa tanggal 7 Januari ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Samosir sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Samosir Nomor 28 Tahun 2005 tentang Hari Jadi Kabupaten Samosir yang dilansir dari laman samosirkab.go.id. 


Mengenai tanggal puncak perayaan itu bukanlah menjadi persoalan apalagi disituasi pandemi, mungkin ada banyak pertimbangan untuk mengikuti perayaan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan (prokes).

Usia kabupaten Samosir ke 17 tahun diibaratkan usia remaja menuju kedewasaan namun pemerintah kabupaten (pemkab) Samosir mengejar ketertinggalannya dari kabupaten tetangga di Sumatera Utara (Sumut). Ada banyak prestasi yang telah ditorehkan untuk menjadi terkemuka diantara kabupaten se Sumut dan Nasional. Kabupaten Samosir tahun 2020 masuk dalam 10 nominator penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) di masa kepemimpinan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga, dua kali juara 1 Tingkat Provinsi SUMATERA UTARA untuk Pencapaian Tindak Lanjut Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegrasi (Korsupgah KPK RI) yang diupload melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) Korsupgah KPK RI. Dan puncak prestasinya Pemkab Samosir meraih Dana Insentif Daerah (DID) 55 miliar rupiah untuk Tahun Anggaran (TA) 2021 adalah penerima DID tertinggi untuk provinsi Sumut.

Pemkab Samosir juga masuk wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, tentunya ini adalah usaha kerja keras semua pihak baik pemkab Samosir, masyarakat dan pemerhati pembangunan di Samosir agar menjadi pusat perhatian pembangunan di kawasan Danau Toba. 


Anggaran KSPN dari pemerintah pusat diperkirakan mencapai 2 triliun untuk kabupaten Samosir. Kawasan Danau Toba yang akan dijadikan sebagai “Monaco of Asia” tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat sekitar danau. 

Kabupaten Samosir memiliki keunikan tersendiri dengan keindahan alam sekitarnya. Alam yang asri hasil ledakan gunung Toba ribuan tahun lalu mampu memukau para pengunjung domestik dan internasional. Alam dan kultur yang saling menyatu menjadikan kebanggaan besar bagi penduduk Samosir. Masyarakat Samosir yang mengandalkan perekonomian dari sektor pariwisata dan pertanian. kedua sektor ini bila dikembangkan produk turunannya (derivatif) akan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pariwisata dan petani tentu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah dan pusat agar tercipta kondisi perekonomian lebih baik dimasa mendatang. 

Meski saat ini perayaan ulang tahun pemkab Samosir tidak dihadiri kepala daerah terkait belum dilantik bupati dan wakil bupati baru atas sengketa pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) bukan berarti pengelolaan kabupaten Samosir berjalan ditempat atau mundur, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus tetap bekerja seoptimalnya dan mengikuti indikator target pencapaian yang telah ditetapkan sebelumnya. Berita kasus korupsi bansos covid 19 di Samosir menjadi trending topik bagi warga Samosir awal tahun ini menjadi catatan merah bagi pemkab agar para pejabat daerah mematuhi Undang Undang (UU) yang berlaku dan memiliki rasa prihatin akan kondisi sulit ekonomi masyarakat terimbas pandemi corona.

Setelah keputusan MK yang akan diputuskan pada bulan Maret apabila tidak terjadi pilkada ulang maka masyarakat Samosir akan memiliki bupati dan wakil bupati baru yang akan ditetapkan dan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir. Semoga bupati – wakil bupati Samosir akan datang mampu membawa Samosir di masa mendatang lebih berprestasi dan mampu mengangkat destinasi pariwisata Samosir ke kancah internasional dan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM, petani dan masyarakat Samosir. 


(Ranto.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *