HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Kapolres Samosir Resmikan Kampung Tangguh


Samosir.Matalensa.co.id.
PANGURURAN - Kapolres Samosir AKBP Josua Tambupolon SH, MH, seharian penuh, Rabu (24/2/2021), meresmikan dua Kampung Tangguh masing -masing di Desa Pardomuan l, Kecamatan Pangururan yang bernama Kampung Tangguh Parsadaan dan Kampung Tangguh Tuktuk Bersatu di Kelurahan Tuktuk Siadong, Simanindo.


Josua bersama wakil kapolres R Affandi, kabag-kabag di jajaran Polres Samosir, meresmikannya dengan ucapan Horas Horas, Horas bersama unsur – unsur muspika seperti koramil, kapolsek, lurah,  camat Pangururan dan Simanindo, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Tokoh Masayarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat. Bukan hanya meresmikan kampung tangguh untuk pencegahan Covid19 itu, Kapolres juga memberikan bantuan beras kepada warga baik di Pangururan maupun di Simanindo.


Kepala Desa Pardomuan l Dirikon Simbolon dan Lurah Tuktuk Swandi Saut Silalahi termasuk camat di dua kecamatan itu seperti Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar bersama tokoh – tokoh masyarakat mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada Polres dan Jajarannya.


Kapolres Josua Tampubolon di dua kampung tangguh ini menyampaikan bahwa virus Covid 19 harus dicegah dan diupayakan agar zero di Samosir dan berulang menyampaikan imbauan agar kita semua tetap menggunakan masker, mencuci tangan sesering mungkin, menghindari kerumunan dan meningkatkan imunitas tubuh. Yang perlu dan penting lagi, tetaplah berdoa. Kami sangat serius, ujarnya


Dalam tanya jawab dengan warga yang menyampaikan banyak hal seperti peredaran narkoba, knalpot blonk, keramaian di pesta-pesta suka dan duka cita maupun keterbatasan anggaran yang lambat disikapi Pemkab Samosir, Kapolres menjawab dengan lugas dan terbuka  bahwa semuanya itu akan ditangani dengan penegakan hukum dan semuanya akan diproses. Misalnya, soal knalpot blong, sudah diproses dengan memotong 31 knalpotnya dan akan berlanjut nantinya kepada  bengkel atau usaha yang memproduknya.


Termasuk tempat hiburan malam yang jumlahnya mencapai 13 usaha. Sudah ada yang ditutup. Di tempat hiburan malam ada juga tidak memiliki ijin, sudah diingatkan untuk menutup usahanya karena tidak menjalankan prokes kesehatan dan adanya dugaan karyawannya didatangkan dari luar Samosir. Blak-blakan kapolres menyatakan tidak akan membiarkannya terlebih jika pemiliknya bukan berdomisili di Samosir. Kampung kita ini jangan dijadikan seperti “sampah”, ujar Josua memberikan contoh dan mengingatkan agar tidak ada pembiaran dengan berjoget-joget hingga subuh.


Usul dari Pardomuan l yang meminta agar melakukan beberapa hal dalam mengurangi penularan Covid-19, diharapkan pihak kepolisian di hari Minggu supaya menertibkan kedai-kedai saat jam ibadah Gereja. Kita akan berkeliling mengumumkan kepada masyarakat agar bekerjasama mematuhi protokol kesehatan”, harap tokoh-tokoh dari Desa Pardomuan yang terbanyak warganya di kabupaten ini dan sebagai pusat bisnis dan perekonomian.


Sedang di Tuktuk, di daerah kunjugan wisata mancanegara dan nusantara yang sudah lama terkenal, di era Danau Toba menjadi KSPN l Kawasan Strategis Pariwisata Nasional l, dihuni 707 kk dengan jumlah jiwa 2.499 terdiri dari 1.228 laki-laki dan 1.271 wanita yang umumnya menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata.


Kepala desa dan lurah  mengeluhkan masalah biaya yang akan dipergunakan dalam hal tersebut. “Desa kami terbanyak penduduknya di Kabupaten Samosir, terdapat 1.462 kepala keluarga, Kami sangat bingung darimana pendanaannya untuk menjalankan kampung tangguh ini. Di tahun 2020 kami tidak melakukan pembangunan, karena pembagian BLT dari dana desa”, keluhnya.


Menanggapi hal itu AKBP Josua Tampubolon menjelaskan beberapa hal dalam sambutanya. “Saya beserta jajaran kami, sangat serius menangani menanggulangi Covid-19 ini, tegasnya dan berharap program vaksinasi yang sudah dilakukan Pemerintah Pusat mulai dari Presiden Jokowi dan petinggi lainnya, juga harus disukseskan di Samosir.


Di Pardomuan l, kampung tangguhnya dilengkapi dengan ruang konsultasi dan lainnya yang berada di lantai ll yang dipinjam dari pihak sekolah sedang di Tuktuk Siadong, selain ruang -ruang medis, konseling dan isolasi, juga diresmikan portal dikomandoi Ariston Manurung, Ketua Tuktuk Bersatu yang akan mengingatkan warga yang masuk wajib memakai masker, helm, mencuci tangan dan dilakukan juga pengukur suhu tubuh. Portalnya persis di Sosor Galung, Tuktuk Siadong yang dalam waktu dekat akan ditambah dengan lampu di portalnya.


Dalam kesempatan perdana itu, Kapolres Josua Tampubolon memakaikan masker kepada pelintas yang tidak memakai masker. Terhadap keluhan warga yang bising dengan knalpot blong, Kapolres memerintahkan Kapolsek TL Tobing segera melakukan razia dan bila sepedamotornya tidak dilengkapi surat-surat, agar dikandangkan.


Sebelum ke Kampung Tangguh, Kapolres Josua juga membagikan masker kepada pemuka agama untuk dibagikan ke Onan Baru Pangururan .


(Ranto.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *