HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

TNI/POLRI DAMPINGI TIM KESEHATAN SAMOSIR LAKUKAN PENYUNTIKAN TERHADAP ODGJ


Samosir.Matalensa.co.id.
PANGURURAN - Pemerintah Kecamatan Sianjur Mula-mula bersama Tim Puskesmas Limbong yang didampingi Oleh Koramil 04/HB dan Polsek Harian Boho melakukan Penyuntikan orang yang mengalami gangguan jiwa di dua desa yaitu di desa Sikkam berinisial K.P dan didesa Boho G.S, Pogram ini Dalam meningkatkan rasa kepedulian kepada masyarakat Polri melakukan pendampingan tentang pengobatan pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) pada hari seni 16-11-2020 .


Camat Sianjur Mula-mula Rudy H.J Sitorus Menjelaskan bahwa Pengobatan ini dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung dengan penderita ODGJ dan bersosialisasi kepada keluarga dengan persetujuan untuk dilakukan suntik dan pemberian obat kepada penderita untuk mengurangi rasa stres supaya pikiran penderita menjadi lebih tenang.


Dokter Hendri Jhon Dokter Puksemas Limbong yang melakukan Penyuntikan mengatakan Dengan hadirnya Polri-TNI akan memberikan rasa aman kepada pihak puskesmas Limbong apabila terjadi pemberontakan ataupun penolakan dari penderita untuk dilakukanya suntik dan pemberian obat.


Dokter hendri Jhon mengungkapkan, bahwa penderita ODGJ secara fisik sehat tetapi kejiwaannya terganggu, sehingga memerlukan penanganan yang komunikatif, kompleks dan berkesinambungan,ujarnya . 


Petugas puskesmas limbong , florida malem juga mengungkapkan, penanganan penderita ODGJ tidak hanya dilakukan oleh pihak kesehatan saja, tetapi peran aktif lintas sektoral baik pemerintah, keamanan dan masyarakat khususnya keluarga serta lingkungan sekitar sangat diperlukan dalam menunjang upaya kesembuhan penderita.

“Mereka juga manusia, jangan dikucilkan dari pergaulan. Dukungan moril dan komunikasi aktif dengan penderita sangat diperlukan membantu proses penyembuhannya.


Kapolsek Harian Boho Akp Herman Sembiring yang di wakili oleh bapak  Iptu M Silalahi mengatakan ingin memberikan rasa aman kepada petugas Puskesmas Limbong yang ingin menyembuhkan para penderita ODGJ yang ada di wilayah Puskesmas limbong sekitarnya ,Dengan melakukan pendampingan akan menimbulkan rasa kedekatan antara masyarakat dengan Polri,


Iptu M Silalahi mengatakan bahwa Hak hidup dengan perlakuan yang sama merupakan hak bagi semua orang, demikian pula bagi orang-orang yang memiliki kelainan atau menderita suatu penyakit, yang memerlukan penanganan khusus, hal ini menjadi tanggung jawab semua orang, termasuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang sering terabaikan yang justru menjadi keresahan tersendiri bagi masyarakat disekelilingnya.Sasaran kegiatan diantaranya pemberian obat dan injeksi langsung terhadap penderita ODGJ, penggantian baju, pemotongan rambut, pemotongan  kuku dan berinteraksi dengan penderita ODGJ, selanjutnya sosialisasi kepada keluarga terkait perlakuan kepada penderita, kebersihan lingkungan dan lain-lain.


Plh Danramil 04/HB Peltu Marihot Sitinjak mengatakan, bahwa turut sertanya dalam tindakan pendampingan pengobatan kesehatan bagi penderita ODGJ tersebut, sebagai wujud pelayanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat.“Ini merupakan salah satu wujud pelayanan kami sebagai anggota TNI kepada masyarakat, sehingga kedekatan dan kebersamaan antara TNI dengan masyarakat dapat terjalin lebih erat.. bahwa dalam melaksanakan tugas pokok pembinaan wilayah, Babinsa bekerja sama dengan Aparatur Desa yang lain harus dapat menjaga, dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan.

“Guna menunjang percepatan penyembuhan penderita ODGJ, peran aktif masyarakat khususnya keluarga dan lingkungan sekitar sangat diharapkan, sehingga upaya pengobatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.


pada proses penyuntikan pasien ODGJ tersebut berlangsung dengan lancar,yang dilaksanakan di 2 desa dan didampingi oleh Camat sianjur mula-mula Rudy H.J Sitorus, Plh Danramil 04/HB Peltu M sitinjak bersama anggotanya, Kapolsek Harian Boho yang diwakili Iptu M Silalahi bersama anggotanya.


(Ranto.s)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *