HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Sang Wakil Bupati Samosir yang Bersahaja


Samosir.Matalensa.co.id.
Oleh : Frans Sinaga.

PANGURURAN - Ir. Juang Sinaga yang lahir di Samosir pada tanggal 17 September 1957 merupakan sosok yang berkharisma. Beliau adalah cucu kepala Kenagarian Hatoguan Samosir serta putra dari (Alm) JM Sinaga (mantan anggota DPRD Taput Tingkat 1 selama 2 periode) dan (Alm) Ibu Bidan Milianna Situmorang. Dr. Hadrianus Sinaga, Sp.B. yang merupakan mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1956 hingga tahun 1957 era Presiden Soekarno merupakan Bapatua (red. Abang dari bapaknya) Juang Sinaga. 


Dimasa mudanya, Juang Sinaga pernah menjadi atlit Karate pemegang Dan 3 Karatedo TAKO INDONESIA dengan motto Perkasa , Rendah Hati,  Luhur Budi. Semboyan Karate itu menjadi pandangan hidup yang terus terpatri pada diri Juang Sinaga.


Penulis sempat berbincang-bincang empat mata dengan beliau pada penghujung September lalu. 

Penulis sebelumnya tidak banyak informasi mengenal sosok beliau sampai akhirnya memiliki kesempatan berbicara pada beliau sehari sebelum keturunan Pomparan Marga Sinaga dan boru/bere memberangkatkan pasangan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga yang disingkat RapberJuang sebagai slogan petahana masa kampanye di Samosir.

Bincang bersama Juang Sinaga seperti mendalami falsafah dan makna kehidupan. Perbincangan kami ini seperti antara penulis sebagai murid dan Juang Sinaga sebagai guru “konfucius”. Dalam diskusi yang mengalir dengan pertanyaan-pertanyaan penulis sampaikan kepada beliau, sungguh menikmati dibalik pesan-pesan kehidupan dari pendapat beliau.

Penulis bertanya, apa alasan mendasar beliau maju bersama Rapidin Simbolon dalam satu paket? Beliau menjawab kami adalah pasangan yang saling mengisi, hampir 5 tahun kami bekerja bersama-sama. Kami memiliki kecintaan sama pada Samosir dan berusaha sekuat mungkin membangun Kabupaten Samosir. Kami seperti senyawa, saling mendukung satu sama lain. 

Bila kita lihat hubungan antara Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga memang tidak pernah terdengar ada kekisruhan. Mereka bersahabat dan saling menjiwai satu sama lain. Dalam hampir 5 tahun, RapberJuang telah menorehkan banyak prestasi membangun Samosir. Menjalankan sebuah roda pemerintahan, para pemimpin berusaha menciptakan stabilitas, kenyamanan dan semangat bersama-sama menggerakkan roda pemerintahan bersama jajarannya agar mencapai keberhasilan. 


Ir. Juang Sinaga dalam mengemban tugas sehari-hari sebagai Wakil Bupati selalu memohon pimpinan Tuhan dalam doanya, agar bisa bekerja dengan baik, tidak melakukan hal-hal yang melanggar Undang-Undang (UU), membantu Bupati Rapidin Simbolon menjalankan roda Pemkab Samosir, dan menjaga nama baik marga Sinaga. Disamping itu, Beliau adalah ketua (Parsadaan Pomparan Toga Sinaga  dohot Boru (PPTSB) Cabang Samosir dimana pulau Samosir adalah asal muasal tempat lahirnya marga Sinaga. Beliau merasa memiliki tanggung jawab besar menjaga nama baik marga Sinaga.

Sekilas informasi profil Wakil Bupati dilansir dari laman samosirkab.go.id, Ir Juang Sinaga yang menamatkan Sekolah Dasar (SD) swasta Santo Thomas Palipi (1971), SMP Budi Mulia Pangururan (1975), STM Cinta Rakyat Pematang Siantar (1980) dan pendidikan terakhir Universitas HKBP Nomensen (1989). Dari sisi pendidikan, Ir. Juang Sinaga memiliki bekal pendidikan yang terakomodasi untuk memimpin Samosir sepaket bersama Rapidin Simbolon, Bupati Samosir.

Penulis pun sempat menanyakan apakah kehadiran paslon lain yang bermarga Sinaga akan mempengaruhi sikap beliau? Tentang Calon Sinaga Lainnya , Juang Sinaga Selalu berharap dan menjaga sikap beliau dengan Manat Mardongan Tubu yang tidak hanya di pakai di Parjambaran atau saat dipesta namun dipakai di setiap Norma-norma kehidupan khususnya di lingkup marga  sinaga, dan lain-lain. 

Kehadiran Juang Sinaga berdampingan dengan Rapidin Simbolon sebagai petahana untuk warga Samosir. Kedua sosok ini selalu hadir bagi masyarakat Samosir baik acara adat marga-marga, pada warga yang berduka, acara keagamaan baik Natal dan Idul Fitri diluar kegiatan dinas sehari-hari. 


Kabupaten Samosir yang penduduknya masih kental hubungan kekerabatan Dalihan Natolu terjalin harmonis. Beliau-beliau ini akrab dan menyapa setiap warga Samosir yang ditemui atau dalam perjalanan dinas mereka tidak lupa membuka kaca mobil dan turun langsung sekedar menyapa warga tidak hanya masa pilkada Samosir.

Pada acara memberangkatkan RapberJuang di kediaman Juang Sinaga di Hatoguan, kecamatan Palipi, Samosir betapa banyak yang hadir dari keturunan marga Sinaga & boru/bere di penghujung September dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi corona dan tersedianya anggota medis memeriksa para tamu yang hadir. Kehadiran yang mendekati angka 6000 orang tidak diperkirakan sebelumnya menandai kecintaan warga Samosir terhadap Juang Sinaga dalam paket RapberJuang. Warga Samosir begitu mencintai kedua sosok pemimpin ini. Warga Samosir mengenal Juang Sinaga sebagai pribadi yang rendah hati dan terbuka. 

Ir. Juang Sinaga menangis haru menjelang akhir acara pemberangkatan RapberJuang di rumah dinasnya, beliau merasa kehadiran tamu hampir 6000 orang ini yang tidak diperkirakan beliau dan panitia, karena kecintaan masyarakat Samosir terhadap RapberJuang. Beliau mengungkapkan perasaan hatinya yang tidak bisa membalas dengan materi biarlah Tuhan yang membalas kebaikan warga Samosir. Penulis dan tamu yang hadir pun turut meneteskan air mata haru atas ungkapan isi hati beliau, bapak Rapidin Simbolon menghibur hati beliau dan saling menguatkan pasangan yang Rap tu Dolok tu Toruan.

Kini RapberJuang hadir kembali sebagai konstentan dalam pilkada Samosir 9 Desember 2020 dengan kotak nomor 3 pada kertas suara pemilih. Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga, 2 sosok yang saling menghargai. Mereka seperti tidak terpisahkan, apapun berita miring terhadap kedua sosok ini tidak menggoyahkan persahabatan mereka. Mereka mencintai Samosir melalui kerja keras dan menuai sejumlah prestasi untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat disana.(F.S)


(Ranto.s)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *