HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Koramil 04/HB Samosir Serta Pemerintah Desa Mediasi Perselisihan Warga


Samosir.Matalensa.co.id.
PANGURURAN - Pemerintah Desa Sikkam Kecamatan Sianjur Mula-Mula menggelar Acara rapat mediasi  terkait adanya perselisihan kecil ditengah masyarakat yaitu antara saudari meli br Sihotang (39 tahun) Pekerjaan petani dengan saudari  nai narsa br Nababan (50 tahun) pekerjaan Petani , di kantor desa sikkam pada hari Senin 16-11-2020 pukul 11.00wib . yang dihadiri langsung oleh kepala desa sikkam D Limbong ,Ketua Bpd,Anggota Koramil 04/HB Serda Riduan Pagan dan anggota Polsek Harian boho.


Kepala desa sikkam D Limbong mengatakan bahwa terjadinya perselisihan di antara kedua warganya bermula karena masalah penjualan cabai , sehingga terjadi perselisihan yang mengakibatkan sakit hati,. Sehingga D Limbong  beserta Ketua BPD, perangkat desa dan tokoh masyarakat berupaya memidiasi permasalahan ini serta mendamaikan kedua belah pihak.  


Babinsa Koramil 04/Hb  Serda Riduan Pagan sebagai bintara Pembina Desa (Babinsa) dituntut untuk bisa memahami dan memetakan setiap potensi yang ada di wilayah binaannya, termasuk menyelesaikan permasalahan ditengah tengah warga.Persoalan antara kedua belah pihak sudah diselesaikan dengan jalan damai secara kekeluargaan. Kami juga menyampaikan kepada keduanya untuk tetap menjalin silaturrahmi,"


Dalam kesempatan  itu, serda Riduan  juga mengatakan dan mengingatkan  kepada masyarakat  pentingnya menjaga sikap toleransi  dalam kehidupan agar tujuan dan semangat kekeluargaan  dalam bermasyarakat  tetap terjaga.


D.Limbong mengatakan bahwa Kepala Desa sebagai pembina kemasyarakatan desa memiliki kewenangan, hak dan kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Desa, Pasal 26 ayat 1 dan 2 (huruf F dan G), jelas bahwa salah satu kewenangan kepala desa adalah membina kehidupan masyarakat desa dan membina ketentraman dan ketertiban masyarakat desa. Dalam Pasal 26 ayat (4) huruf K disebutkan bahwa salah satu kewajiban Kepala Desa adalah menyelesaikan perselisihan masyarakat di Desa. Dalam pelaksanaan kewenangan tersebut kepala desa dapat menempuh langkah-langkah fasilitasi, mediasi, pembinaan dan motivasi bagi masyarakat desa untuk menyelesaian konflik yang terjadi antar warga desa. Ujarnya.(B.P)


(Ranto.s)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *