HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Ketulusan Mereka Membangun Samosir


Samosir.Matalensa.co.id.
Oleh ; Frans Sinaga

PANGURURAN - Rapidin Simbolon, Bupati Samosir (non aktif masa kampanye) telah banyak menghasilkan prestasi mengangkat kabupaten Samosir menjadi kabupaten langganan prestasi, dua kali juara I (2019&2020) Kasurgah KPK se provinsi Sumut, 3 kali meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK (2017,2018,2019) dan mendapatkan DID (Dana Insentif Daerah) dari Kemenkeu RI, Up.Ditjen Perimbangan Keuangan sebesar Rp.55.859.573.000 untuk Tahun Anggaran 2021 dan sejumlah prestasi lainnya yang diakui negara dan lembaga nasional.

Dana insentif sebesar 55 miliar ini merupakan tertinggi dari 33 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Utara. Ini merupakan kebanggaan bagi warga Samosir. Pemerintahan Kabupaten dibawah polesan “tangan dingin” Rapidin Simbolon dengan wakilnya Juang Sinaga menghantarkan Samosir mencetak sejarah baru pertama kali selama 16 tahun berdiri Kabupaten Samosir dan hampir 5 tahun dibawah kepemimpinan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga.

Penghargaan tertinggi ini bukan seperti membalikan telapak tangan, disana ada kerja keras kepemimpinan duet RapberJuang (red. Rapidin Simbolon bersama Juang Sinaga). Kabupaten Samosir yang dulu infrastrukturnya masih terbelakang mampu berkembang pesat dan maju dan bisa bersaing mendahului kabupaten tetangga yang lebih dulu lahir daripada Samosir.

Rapidin Simbolon ini dikenal memiliki jiwa berprestasi, beliau adalah termasuk sosok haus menimba ilmu, pekerja keras dan berkemauan kuat. Rapidin Simbolon pantang menyerah meski keterbatasan anggaran pusat beliau tidak tinggal diam dan berpangku tangan. Beliau melihat celah peluang bagaimana agar kabupaten yang dipimpinnya dapat bergerak cepat terbangun. Rapidin Simbolon melihat peluang dimasa pemerintahan Presiden Jokowi sangat menghargai para kepala daerah yang berprestasi dan terus berlomba membawa Samosir menjadi lebih baik, sejahtera dan mandiri.

Pembangunan infrastruktur adalah prioritas Rapidin Simbolon. Bupati Samosir ini tahu agar perekonomian dapat berjalan lancar diawali dengan membangun kantung-kantung zona ekonomi di Samosir, baik wilayah zona wisata dan akses wilayah penjualan hasil pertanian Samosir. APBD terbatas disiasati memfokuskan kepada zona ekonomi yang menghasilkan pajak dan Pendapatan asli Daerah (PAD), ditambah dana insentif dari pusat atas kinerja baik jajarannya maka akan turut menjangkau wilayah terpencil untuk dibangun secara bertahap dan pasti.

Beliau sangat peduli pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), beliau memberikan bantuan sosial pendidikan kepada  1675 penerima beasiswa tahun 2020, mengirim para guru dan ASN belajar ke daerah yang telah maju, mengirim para pelaku usaha wisata dan petani yang mau belajar mengembangkan diri dan usaha maju ke pusat pelatihan daerah percontohan yang berhasil mengembangkan industri wisata dan pertanian bahkan ke pusat pelatihan pertanian di luar negeri yang dirasakan Pdt. Rumapea (kelompok tani Kasih Sinergi).

Rapidin Simbolon seorang mantan dosen dan pengusaha yang memiliki mental pembelajar ini merasakan ilmu pengetahuan itu adalah utama. Beliau merasakan getirnya kemiskinan dimasa kecil, beliau putra asli Samosir memberikan perhatian penuh kepada kesejahteraan warga Samosir. Apabila pendidikan, kesehatan, pangan, ekonomi dan infrastruktur merata maka warga tidak akan terbelit kemiskinan. Ketika beliau bekerja memimpin bersama wakilnya Juang Sinaga dilakukan secara tulus dengan semangat membangun ditengah keterbatasan Anggaran Pendapatan & Belanja Daerah (APBD) Samosir.

Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga merupakan pasangan yang harmonis, selama mereka bekerja sama tidak ada sedikit pun ada kekisruhan  dan benturan hubungan kepemimpinan mereka berdua. Komunikasi politik dan kekeluargaan tetap terjaga dengan baik dan bersahabat. Ketika Rapidin Simbolon berurusan dengan pusat berkaitan pembangunan Samosir, Juang Sinaga siap mengisi kepemimpinan Rapidin Simbolon memimpin tugas agar tetap berjalan baik. 

Buah dari kepemimpinan RapberJuang telah dirasakan sebagian besar masyarakat Samosir. Infrastruktur jalan dan pembangunan dermaga, kerjasama dengan PT ASDP atas penyediaan Angkutan Sungai Danau Penyeberangan dan jadwal bertambah serta hubungan ke pusat harmonis melalui antar kementerian agar Samosir menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat mendukung pembangunan Samosir. 

Semua kerja keras dan ketulusan yang dilakukan bupati dan wabup petahana Samosir ini tentu tidak bisa menyenangkan semua pihak, meski ada infrastruktur yang belum terjamah di wilayah tepencil dan perbukitan, namun kita tetap bersabar dan memberi kepercayaan kepada Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga untuk menuntaskan kepercayaan masyarakat kepada mereka dengan memberikan kesempatan untuk terpilih kembali periode ke 2, gunakan hak suara anda pada tanggal 9 Desember 2020 untuk memilih yang terbaik. Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga telah membuktikan di periode pertama. Jangan lupa sebelum kita memilih pemimpin Samosir, berdoalah memohon hikmat Tuhan agar Samosir dipimpin oleh sosok yang tulus bekerja dan pekerja keras.(F.S)


(Ranto.s)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *