HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Babinsa/Babinkamtibmas Bantu Kades Ginolat Fasilitasi Perselisihan Warga


Samosir.Matalensa.co.id.
PANGURURAN - Mediasi merupakan salah satu bentuk dari alternatif penyelesaian sengketa/ Perselisihan di luar pengadilan. Tujuan dilakukannya mediasi adalah menyelesaikan masalah dengan rasa kekeluargaan.  Babinsa dari Koramil 04/HB  Ilham Wahyudi ginting bersama Babinkamtibmas Polres samosir Aiptu D.B Siregar  membantu Kepala Desa Ginolat Kecamatan Sianjur Mula-mula untuk menyelesaikan perselisihan Kakak beradik saudara Asler sagala umur 55 tahun pekerjaan petani yang telah menebang pohon kopi milik saudara Wesler sagala umur 38 tahun pekerjaan petani, Acara mediasi tersebut di pasilitasi oleh Kepala desa Ginolat Mangoloi Sagala di kantor desanya pada kamis 26 November 2020 pukul 13.30 wib.


Kepala Desa Ginolat Kecamatan Sianjur Mula-Mula Mangoloi Sagala beserta Perangkat desa , Kadus 1 Ginolat Rizal Sagala dan  Keluarga kedua belah pihak yang berselisih. Sedangkan preselisihan tersebut hanya di sebabkan karena saudara wesler sagala melakukan pengancaman kepada abangnya sendiri karena masalah pohon kopi , Untuk menyelesaikan masalah tersebut , Babinsa dan Bhabinkamtibmas membantu Kepala desa melaksanakan mediasi perselisihan faham kedua belah pihak.


Bhabinkamtibmas desa ginolat Aiptu D .B Siregar menghimbau kepada kedua belah pihak agar menyelesaikan permasalahan tersebut dengan musyawarah dan membuat surat kesepakatan bersama untuk berdamai dan tidak saling dendam. Bhabinkamtibmas juga memberikan nasihat dan himbauan kamtibmas tentang hidup rukun dan damai. Dengan mediasi ini sehingga permasalahan ini di selesaikan dengan musyawarah antara kedua belah pihak. Dan berakhir dengan penanda tanganan kesepakatan bersa ma kedua belah pihak berjanji untuk berdamai dan tidak akan dendam.


Serka ILham Wahyudi Ginting mengatakan “Setiap permasalahan yang dihadapi warga binaannya sebaiknya diselesaikan secara kekeluargaan melalui musyawarah bersama, sehingga tidak menimbulkan kerugian pihak manapun.  Karena didalam kehidupan bermasyarakat, tentu saja tak luput dari yang namanya permasalahan. Baik itu permasalahan yang sifatnya kecil, maupun juga yang sifatnya serius dan besar. Akan tetapi, semua permasalahan itu pasti ada jalan keluarnya. Sebagai seorang Babinsa, dirinya memiliki tanggung jawab untuk menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif, salah satunya adalah dengan membantu menyelesaikan permasalahan saudara Asler Sagala dengan Wesler sagala, Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cara damai dan tidak berlanjut ke meja hijau atau pengadilan, dan kedua belah pihak menerima untuk berdamai, mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dibuat surat pernyataan bermaterai yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak,” tutup Babinsa.(B.P)


(Ranto.s)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *