HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Harga Kambing "Kacang" Rp 800.000/ekor, karena bertubuh Kecil

Gambar ilustrasi
Labuhanbatu.Matalensa.co.id.Berbeda dengan monimnal harga pembelian kambing yang dianggarkan Dinas Peternakan Kabupaten Labuhanbatu perekornya, kalau harga kambing lokal yang disebut sebagai kambing "Kacang" paling mahal berkisar Rp 700.000-Rp 800.000/ekornya.Karena bertubuh kecil bila dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.



Dari penulusuran wartawan kesalah satu kelompok tani penerima bantuan kambing dari Dinas Peternakan Kabupaten Labuhanbatu bersumber dari APBD Tahun Anggaran (TA) 2019, diketahui bahwa kambing yang diberikan diduga jenis kambing "kacang".



"Benar, tahun lalu kelompok tani kami mendapat bantuan kambing kacang 6 ekor betina dan seekor jantan" ujar ketua kelompok tani dimaksud sambil memperlihatkan contoh besar kambing bantuan saat diterima dari kandang yang berada di belakang rumahnya, Jumat siang (7/8/2020).



Dijelaskannya, dari ketujuh kambing yang diterima kelompoknya, dua ekor sudah mati dan saat ini sudah ada yang melahirkan anak."Baru sekitar sebulan kami terima, dua ekor mati" ujarnya kepada sejumlah wartawan.



Begitu kambing diterima, sampai saat ini, kelompok tani kami belum pernah mendapat bantuan pakan ternak maupun obat-obatan seperti vitamin dan lainnya untuk perkembangan kambing dimaksud.



Selain sebagai ketua kelompok tani, dirinya sudah lama beternak kambing unggulan atau kambing hasil perkawinan silang untuk diperjual belikan.



"Sepengatahuan saya, kalau harga kambing kacang sekitar Rp 700.000-Rp 800.000/ekor untuk ukuran besar, karena besar kambing kacang cukup kecil bila dibandingkan jenis kambing lain " ujarnya memaparkan.



Seperti yang telah dipublikasikan sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Labuhanbatu, Pendi Harahap menjawab konfirmasi wartawan di kantornya menyebutkan,  Kamis (6/8/2020), "Dispesipikasi, yang ada hanya tinggi dan umur kambing" ujarnya.



Dijelaskannya, dispesifikasi pengadaan ternak kambing dimaksud, kambing  jantan berumur  24 bulan dan tingginya 60-65 Cm, sedangkan untuk betina umur 18 bulan dengan tingginya 50-56 cm dan tidak menyebutkan berat badan kambing.



"Nilai pagu pengadaan ternak kambing itu sebesar Rp.124.600.000 dikerjakan oleh CV Dapva untuk membeli 70 ekor kambing lokal" paparnya.



Ke 70 ekor kambing diberikan kepada 10 kelompok tani di 7 kecamatan.Masing-masing kelompok mendapat 6 ekor kambing betina dan 1 ekor jantan dengan harga pembelian sebesar Rp.1.780.000 /ekornya bila di bagi dengan jumlah kambing yang diberikan kepada kelompok tani.


(Andi.c.d)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *