HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

BUPATI DAMPINGI PETANI PANEN KENTANG

Samosir.Matalensa.co.id.PANGURURAN - Bupati Samosir Rapidin Simbolon, bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia Agung Hendriadi, meninjau panen raya kentang kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani, Lima Kelompok Tani (Koptan)  di Desa Partungkonaginjang, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Jumat (7/8/2020).


Sebelumnya, Tahun 2019, Kementerian Pertanian memberikan bantuan permodalan Rp 50 juta ke setiap Kelompok tani di Desa Partukkot Naginjang untuk budidaya kentang 3 hektar dan ubi jalar dua hektare.


Ke lima Kelompok tani penerima manfaat program tersebut, adalah Koptan Parsorba, Koptan Maduma, Koptan Asih Ni Roha, Koptan Permata Tani Utama, dan Koptan Karya Subur Jaya. Dari hasil produksi petani tersebut, menghasilkan nilai produksi rata rata 102.181.000,-, perkelompok, yang artinya, menghasilkan keuntungan Rp 50 juta dari modal awal per sekali panen.


Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia Agung Hendriadi, meminta kepada Koptan, untuk terus meningkatkan produksi pertaniannya, dengan memanfaatkan hasil usaha tani, yang sudah diperoleh, baik melalui perluasan lahan pertanian, dengan memanfaatkan lahan lahan yang tidak produktif, dimana pemerintah akan terus mendukung petani.


Untuk menambah nilai hasil, produksi budi daya kentang, dan ubi jalar, kelompok tani juga, melalui bantuan pemerintah daerah, telah memproduksi cemilan, kerupuk kentang, dan ubi jalar yang sudah dipasarkan, diberbagai outlet.


Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan, wujud dari penjabaran visi, Bupati Samosir, yaitu, mewujudkan masyarakat Samosir, yang sejahterah, mandiri, dan berdaya saing, berbasis pertanian, dan pariwisata.


Semoga petani samosir, semakin bangkit, dan berjaya, untuk mewujudkan kesejaterahan masyarakat,"ungkapnya.


(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *