HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

PMI SAMOSIR ADAKAN AKSI DONOR DARAH

Samosir.Matalensa.co.id.PANGURURAN - Ketua PMI Samosir Bang Juang Sinaga dan Wakapolres Samosir Kompol CH. Simanjuntak Lakukan Rapat Koordinasi Persiapan Aksi Donor Darah yang dilaksanakan pada Selasa, 16 Juni 2020 di Mapolres Samosir.
Palang Merah Indonesia Kabupaten Samosir bekerjasama Kepolisian Resor Samosir menggelar aksi donor darah dalam rangka menyambut Hari Bayangkara 2020 yang akan dilakukan pada Selasa, 16 Juni 2020 mulai pukul 08. 30 Wib sampai 12.30 Wib di halaman Satlantas Polres Samosir, Pangururan.

Hal ini dibenarkan Ketua PMI Samosir Bang Juang Sinaga ketika dikonfirmasi wartawan disela rapat koordinasi rencana Aksi Donor Darah bersama  Kapolres Samosir melalui Wakapolres Samosir, Kompol CH. Simanjuntak, pada Senin, (15/6/2020).

"Benar, PMI bersama Polres Samosir sepakat untuk melakukan aksi donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan dan merupakan bagian dari ibadah. Karenanya kami mengundang seluruh warga untuk mengikuti aksi donor darah ini," ujar Bang Juang Sinaga.

Menurut Bang Juang Sinaga yang juga Wakil Bupati Samosir ini, Aksi Donor Darah bersama Polres Samosir ini dilakukan untuk menyikapi banyaknya kekurangan darah yang dialami warga Samosir pada masa pandemi Covid-19 ini, baik itu pasien pada perawatan di RS. Hadrianus Sinaga maupun di Puskesmas diwilayah Kabupaten Samosir.

"Karenanya, secara pribadi saya mohon bantuan seluruh warga untuk berkenan menyumbangkan darahnya dan jangan takut karena kami tetap menerapkan protokol Kesehatan untuk donor darah seperti yang ditetapkan pemerintah dan PMI Pusat guna menjaga kenyamana peserta donor darah" harap Bang Juang.

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Diri

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Samosir Dr. Nimpan Karokaro menyampaikan bahwa Donor Darah ternyata selain dapat bermanfaat bagi orang lain ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh pendonor itu sendiri.

Ketika dikonfirmasi wartawan hari Rabu, (18/9/2019), Nimpan Karokaro yang juga Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir ini menyatakan mendonor sangat baik untuk kesehatan jantung bagi para penderita gangguan jantung.

"Juga untuk para perempuan, sangat baik untuk kecantikan kulit karena donor darah mampu menunda penuaan diri serta menurunkan berat badan," ujarnya.

Berikut hal-hal yang baik dari kegiatan aksi donor darah, yaitu :

1. Kesehatan Jantung
Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat donor darah bagi kesehatan adalah membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah. Kelebihan zat besi dalam darah bisa berbahaya, karena hal ini berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan oksidasi kolesterol.

Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sangat berpotensi terhadap serangan jantung dan stroke. Dengan mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil.

2. Merangsang Produksi Sel Darah Merah
Selain zat besi, ternyata manfaat donor darah juga dapat membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah. Anda tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang.

Sebagai pendonor, Anda akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali Anda mendonorkan darah. Hal ini merupakan langkah baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Jika Anda sedang giat membakar kalori dalam tubuh, memilih untuk menjadi relawan pendonor darah adalah keputusan yang tepat. Dengan menyumbangkan sekitar 450 ml darah, akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini sudah cukup banyak untuk dapat mengurangi berat badan.

Meski begitu, mendonorkan darah seharusnya tidak menjadi alternatif berolahraga, kalori yang terbakar mungkin sebagai manfaat sesekali bagi beberapa orang.

4. Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Psikologis
Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah akan memberikan kepuasan psikologis tersendiri. Sebuah penelitian mengatakan.

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *