HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

MEMAKNAI PERUBAHAN NAMA KABUPATEN TOBA SAMOSIR MENJADI KABUPATEN TOBA

Samosir.Matalensa.co.id.Oleh : Brigjend TNI (Purn) Anthon Simbolon
PANGURURAN - Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) telah berubah namanya menjadi Kabupaten Toba, dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2020 yang diundangkan pada tanggal 24 Februari 2020.
Dalam Pasal 6 Ayat (1) UU No. 22 Tahun 1999 dan UU No. 32 Tahun 2004, serta Pasal 47 Ayat (1) UU No. 23 Tahun 2014 secara eksplisit menentukan bahwa apabila satu daerah dinyatakan tidak mampu menyelenggarakan otonomi daerah, maka daerah tersebut dapat dihapus dan digabungkan dengan daerah induknya atau daerah lain.

Keluarnya PP tersebut setelah 17 tahun Kabupaten Samosir dimekarkan dari Kabupaten Toba Samosir. Lalu bagaimana kita memaknai perubahan nama tersebut.?

Pertama, keluarnya PP tersebut terjadi pada masa pemerintahan Rapidin Simbolon dan tentu melalui kriteria yang telah ditentukan dan evaluasi yang cermat terhadap pembangunan dalam berbagai aspek yang terjadi di Kabupaten Samosir. Lebih dari itu, Kabupaten Samosir sudah jauh lebih maju dari 33 kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Hingga Pemkab Samosir mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik se Provinsi Sumatera Utara.

Kedua, bahwa dengan perubahan nama Kabupaten Tobasa menjadi Kabupaten Toba, maka Kabupaten Samosir tidak akan digabungkan kembali dengan daerah induknya ataupun daerah lain.

Ketiga,  mayarakat Samosir harus memberikan apresiasi dan rasa bangga terhadap Rapidin  Simbolon karena pada masa kepemimpinannyalah perubahan itu terjadi setelah 17 tahun Kabupaten Samosir dimekarkan dari Kabupaten Toba Samosir.
Dengan tidak berlebihan, saya ingin mengatakan bahwa Rapidin Simbolon merupakan tokoh sentral dengan keluarnya Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2020 tesebut.
Tidak lupa, Selamat dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sumut yang telah melakukan pembinaan dan pengawasan yang baik terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Samosir serta kepada DPRD Samosir atas kerja sama yang harmonis dan saling mendukung.
Selamat berkarya buat Bupati Rapidin Simbolon, kebanggan rakyat Samosir dan kami semua.!

Cikeas Udik 9.6.2020

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *