HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

MELIHAT PELUANG RAPIDIN SIMBOLON PADA PILKADA SERENTAK 2020

Samosir.Matalensa.co.id.Oleh : Brigjend(Purn) Anthon Simbolon
PANGURURAN - Sejak dilantik menjadi Bupati Samosir tahun 2016, Rapidin Simbolon langsung menyingsingkan lengan baju, berpacu bekerja keras memenuhi janji kampanyenya sesuai visi  dan misinya, Mewujudkan Masyarakat Samosir yang Sejahtera, Mandiri, dan Berdaya Saing Berbasis Pariwisata dan Pertanian
Hasil kerja kerasnya setelah kurang lebih empat tahun, ternyata membuahkan hasil membanggakan. kabupaten Samosir mengalami banyak perubahan dan kemajuan, baik di bidang kepariwisataan, pertanian, pembangunan infrastruktur maupun di bidang kelembagaan.

Presiden Jokowi dua kali datang ke Samosir selama kepemimpinanya untuk melihat langsung ketertinggalan ‘Negeri Indah Kepingan Surga” itu. Hal ini sudah tentu merupakan kepiawaian Rapidin Simbolon dalam menjalin hubungan baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Sesuatu yang jarang dialami oleh pemerintah daerah lainnya.

Kehadiran Presiden Jokowi ke Samosir berdampak langsung terhadap mengalirnya  bantuan pusat melalui APBN untuk pembangunan Samosir melalui kementerian terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan kementerian lainnya. Antara lain, pembangunan Tano Ponggol,  menyediakan Kapal untuk menunjang kepariwisataan, pembangunan Air Front dan pembangunan jalan negara.

BPS Kabupaten Samosir merilis angka tingkat kemiskinan di Kabupaten Samosir tahun 2019 mengalami penurunan dan hampir semua parameter ekonomi makro mengalami peningkatan, antara lain: (1) Pertumbuhan Ekonomi meningkat dari 5,58 % naik menjadi 5,70 %. (2) PDRB ADHB perkapita (Rupiah) neningkat dari 32.469.661 menjadi 35. 143. 760. (3) Tingkat Pengangguran Terbuka turun dari 1.35 menjadi 1,25. (4) Indeks Pembangunan Manusia naik dari 69,9 menjadi 70,55. (5) Angka harapan hidup naik dari 70, 87 naik menjadi 71,16. (6) Angka Harapan Sekolah naik dari 13.44 menjadi 13,46. (7) Daya Beli (Ribuan Rupiah) naik dari 8.348 naik menjadi 8. 654. (8) Tingkat Kemiskinan turun dari 13. 38 % turun menjadi 12, 52 %. (9) Tingkat Gini Ratio turun dari 0,29 menjadi 0,28.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dalam sambutannya pada hari Jadi ke-15 tahun 2019 Kabupaten Samosir mengatakan, “Samosir sudah semakin baik. Waktu yang lalu masih belum bagus, tetapi sekarang sudah ada kemajuan.
Terkesan dengan hasil Pilpres 2019 dimana pemilih Kabupaten Samosir kurang lebih 99 persen memilih dirinya sambutan masyarakat Samosir atas kunjungannya, Presiden Jokowi berkenan mengundang Rapidin Simbolon pada acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ke Jakarta, kemudian Bupati Samosir pada peringatan Ke-74 thn 2019 pada detik detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka. Dengan hadirnya Bupati Samosir di Istana Merdeka gaung Samosir semakin mendunia sehingga dapat mewujudkan cita cita nya jadi tujuan wisata bertaraf internasional

Presiden Jokowi juga telah mencanangkan Program Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, salah satunya yakni Kawasan Danau Toba. Untuk mempercepat program pengembangan wisata tersebut, baru-baru ini Presiden Jokowi langsung memonitoring beberapa proyek infrastruktur di Kawasan Danau Toba termasuk Kabupaten Samosir 30-31 Juli 2019.

Kunjungan Presiden Jokowi di beberapa objek wisata dan proyek infrastruktur di Kabupaten Samosir memberikan kesan yang baik bagi beliau selaku Kepala Negara. Dalam sela-sela kunjungannya Presiden Jokowi banyak memberi masukan dan target kepada beberapa Menteri yang mendampingi terkait pengembangan dan penataan objek-objek wisata, termasuk kepada Bupati Samosir Rapidin Simbolon selaku Kepala Daerah.

Seiring berlangsungnya pembangunan Samosir, Rapidin Simbolon juga banyak memperoleh penghargaan dari Lembaga terkait seperti BPK, MENPAN R&B, KPK, INews TV, maupun dari Gubenur Sumatera Utara, atas prestasi kinerjanya.
Di bidang pariwisata, Rapidin menerima penghargaan Indonesia Award 2019 dari INews TV pada kategori pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan destinasi wisata. Penghargaan tersebut diberikan atas keseriusan Bupati Samosir membangun pariwisata seperti yang tercantum dalam visi pemerintahannya yakni Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera, Mandiri, dan Berdaya Saing Berbasis Pariwisata dan Pertanian. Chairman MNC Grup Harry Tanoesoedibjo mengatakan, Indonesia Award merupakan bentuk rasa bangga terhadap prestasi dan dedikasi yang telah ditorehkan putra puti bangsa. Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2013 Mahfud MD didaulat sebagai juri kehormatan.

Di Bidang pertanian, Rapidin berhasil memperoleh Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Pulo Samosir pada tahun 2018 dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan kategori tertinggi Excellent.
Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan bahwa sertifikat perlindungan Indikasi Geografis ini akan dapat meningkatkan penghasilan para petani secara khusus.

Karena kita diakui kualitasnya, sehingga penjualan atau penyebaran kopi ini akan mempunyai dampak dan diketahui oleh masyarakat secara kualitas. Selanjutnya,  keuntungan utama yang akan dirasakan oleh petani kopi adalah harga yang lebih tinggi. Pengakuan kualitas ini semakin memotivasi  masyarakat Samosir untuk mengolah lahan pertanian untuk kopi arabica.

Dalam pengelolaan Keuangan Negara, Rapidin Simbolon telah meraih Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI, tiga kali berturut turut (2018;2019;2020) atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Kabupaten Samosir. Opini itu sendiri merupakan pernyataan profesional pemeriksa (BPK) mengenai kewajaran yang didasarkan pada empat kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektifitas system pengendalian internal. Penghargaan ini baru diterima setelah 14 tahun Samosir pisah dari Tobasa. Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba, ST memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian opini WTP dari BPK tersebut.

Berikutnya, Rapidin Simbolon mendapat Penghargaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah) dari Kementerian PAN R&B  dengan nilai BB. Penilaian tersebut diberikan atas prestasinya dalam mewujudkan tingkat efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran demi mencapai sasaran yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat Samosir. Atas penghargaan predikat SAKIP BB ini, Pemkab Samosir memperoleh hadiah berupa tambahan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar 8,9 miliar rupiah.

Kemudian pada tahun 2019, Pemkab Samosir juga menempati urutan pertama  penghargaan terbaik Se Sumut untuk Rencana Aksi dalam Pencegahan Korupsi oleh KPK. Ketua  KPK Agus Rahardjo di hadapan Gubernur Sumut mengatakan, pencapaian Pemkab Samosir menjadi kabupaten terbaik dalam mencegah korupsi telah berdasarkan penilaian Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (KORSUPGAH) KPK. Sementara Bupati Samosir mengatakan, beberapa hal telah dilakukan untuk mencapai hasil tersebut mulai dari melakukan berbagai inovasi dan meng-create beberapa aplikasi untuk diterapkan secara konsisten seperti e-planning, e-budgeting, e-kinerja, e-perijinan, dan banyak lagi aplikasi lainnya sehingga mempermudah pengawasan. Pada kesempatan lain, Rapidin Simbolon mengatakan, lebih baik mati daripada OTT (Operasi Tangkap Tangan).

Atas pelaksanaan pembangunan daerah, Pemkab Samosir masuk dalam sepuluh besar dalam nominator (kandidat) penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020 se-Indonesia. Pemkab Samosir akan bersaing dengan sembilan kabupaten lainnya Bangka, Flores Timur, Klungkung, Kuburaya, Musi Rawas, Poso, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Tanah Datar, dan Temanggung. Bupati Samosir Rapidin Simbolon menjadi salah satu bupati yang turut serta diundang untuk Pembukaan Musrembang Nasional yang dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi, melalui Video Confrence(Vidcon) dari Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Atas setiap prestasi dan penghargaan di atas, Kabupaten Samosir memperoleh tambahan DID (Dana Insentif Daerah). Dana ini kelihatannya cukup besar untuk membantu keuangan Kabupaten Samosir.
Dengan berbagai prestasi yang diperoleh Rapidin Simbolon, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, pada Rakerda I PDIP Sumut, di Balai Kartini, Hotel Le Polonia, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Sabtu (08/02/2020) memuji Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, sebagai sosok pemimpin yang kerap memecahkan rekor. Tidak hanya itu, Hasto juga menyebut Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati, Juang Sinaga, sebagai pasangan kompak. Rapidin tampak senyum merendah atas pujian itu.
Pujian Sekjen PDIP tersebut disusul dengan keluarnya rekomendasi Ketua PDIP Megawati terhadap 48 Calon Kada & Wakil pada Pilkada Serentak 2020 pada tanggal 18 Februari 2020 yang didalamnya termasuk pasangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga.
Rekomendasi ini juga tidak terlepas dari hasil survey independent yang dilakukan Indo Polling Network terhadap enam pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Samosir pada tanggal 11-20 Januari  2020 di wilayah 9  Kecamatan, 134 Desa/Kelurahan, 30.326 Rumah Tangga, dengan 125.816 penduduk.

Dengan kesimpulan bahwa dukugan terhadap Rapidin Simbolon terlihat telah menyebar di seluruh segmen pemilih dan dari sisi zona wilayah, Rapidin telah menguasai di Zona I, III, dan IV
Adapun rekomendasi Lembaga Survei Indopolling Network adalah, langkah paling realistis bagi PDIP adalah mengusung kembali pasangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga. Per Januari 2020, belum ada figure yang secara popularitas, kesukaan, dan elektabilitas yang bepotensi menandingi Rapidin Simbolon. Dari sisi modal Strong Voters Rapidin Simbolon sudah mencapai 66% (Simulasi 6 Cabup). Selain itu dengan kembali berpasangan dengan Juang Sinaga yang juga Calon Wakil Bupati dengan triple threat (Popularitas, kesukaan, dan elektabilitas tertinggi), maka Paslon ini berpotensi kembali memenangkan kontestasi Pilkada Samosir
Rapidin berhasil menciptakan hubungan baik antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat. Melalui hubungan baik ini, Pemerintah Pusat sangat apresiatif membantu pembangunan Samosir yang selama ini sangat tertinggal dari daerah lainnya.

Kabupaten Samosir telah keluar dari Daftar Daerah Tertinggal 2020-2024 sesuai Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020. Perpres tersebut dikeluarkan berdasarkan kriteria: Perekonomian masyarakat; Sumber Daya Manusia; Sarana dan Prasarana; Kemampuan Keuangan Daerah; Aksessibilitas, dan Karakteristik Daerah. Kedua PP dan Perpres di atas menunjukkan adanya berbagai kemajuan yang dicapai oleh Pemkab Samosir.

Dan berubahnya nama Kabupaten Tobasa menjadi Kabupaten Toba. Kabupaten Toba Samosir sekarang sudah berganti nama menjadi Kabupaten Toba sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2020 (tgl 24 Februari 2020)
Dengan perubahan ini, Samosir tidak akan kembali lagi ke Kabupaten Tobasa karena sudah diaanggap mandiri dan lepas untuk selamanya. Sebab apabila daerah yang dimekarkan tidak bias mandiri dalam jangka waktu yang ditetapkan, maka daerah tersebut akan kembali ke daerah asalnya.

Berita menggembirakan berikutnya adalah, penetapan Samosir menjadi daerah Zona Hijau Pandemi Covid 19 oleh Gugus Tugas Nasional. Demikian juga dalam penyaluran BST tidak terjadi masalah atau gejolak sosial yang berarti bahwa Rapidin Simbolon selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi Covid 19 sangat memuaskan.

Dengan berbagai prestasi dan penghargaan yang diperolehnya, bagaimana peluang Rapidin Simbolon menuju periode kedua pada Pilkada Serentak 2020 yang akan datang? Perlu diingat bahwa konsekuensi dari berbagai keberhasilan dan prestasi yang diraihnya adalah munculnya harapan besar (high expectation) dari masyarakat terhadap dirinya. Dengan kebebasan menggunakan gadget, setiap orang bebas meng-upload keluhannya mulai dari jalan yang belum diaspal, tiang listrik yang miring, yang sebenarnya bisa diselesaikan di tingkat desa atau kecamatan atau dinas terkait. Tapi semuanya bermuara seolah menjadi kekurangan dan kelemahan Bupati Rapidin Simbolon. Dan keluhan ini dimanfaatkan  dan dimanipulasi serta diviralkan oleh pihak tertentu political adventage.

Terhadap sikap high expectation masyarakat Samosir, Rapidin pernah mengatakan bahwa saya bukan superman yang bisa menyelesaikan seluruh permasalahan rakyat Samosir dalam lima tahun. Memang, konsep pembangunan kita adalah pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development), di mana setiap proses pembangunan, ada tahapannya.
Memang, Rapidin tidak pintar mengkomunikasikan atau mengkampanyekan berbagai prestasi yang sudah diraihnya. Yang dia tahu hanya kerja, kerja, kerja. Dan itu pula yang selalu ditekankan kepada stafnya. Sehingga dengan tulisan ini, mungkin dia akan terperangah. Dan berkata, rupanya ada yang mengikuti dan menulis apa yang telah saya kerjakan.

Berbagai dukungan masyarakat dan kelompok Marga juga sudah mengalir kepada pasangan Cabup Rapidin Simbolon seperti dukungan dari PSBI (Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia) dengan Ketua Umum Dr Effendi Muara Sakti Simbolon, dukungan Marga Naibaho, dukungan Marga Nainggolan, dukungan Pemuda Pancasila, dan dukungan PORMANTIS (Pomparan Opu Raja Gumanti Simbolon) yang disampaikan melalui upacara acara adat batak. 

Rapidin Simbolon lahir 11 Oktober 1967 di Lumban Lintong Pangururan. Menikah dengan Dra. Sorta Ertaty Siahaan dan dikaruniai dua putra bernama Refindo S. Simbolon, Andreas B. Simbolon, SH, dan seorang putri bernama Maria Renata Simbolon. Pendidikannya dari SD (1979), SMP (1982), SMA (1985) diselesaikan di Pangururan. Sementara S1 diperoleh dari Universitas Negeri Medan (1990) dan melanjutkan studinya di Pasca Sarjana bidang Ekonomi Manajemen. Sebelum menjabat bupati, bekerja sebagai dosen di Universitas Indra Prasta PGRI Jakarta, Universitas Satya Negara Jakarta, dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”-Jakarta Utara.
Anthon Simbolon, tinggal di Cikeas Udik - Bogor

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *