HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

BASIS DATA TERPUSAT UNTUK SEMUA

Samosir.Matalensa.co.id.Oleh : Saut Marasi Manihuruk
PANGURURAN - Dalam pencegahan dan penanganan wabah virus Corona 19, para petugas merasakan pentingnya ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan, secara khusus data orang yang keluar masuk dari dan ke suatu daerah untuk identifikasi dan antisipasi penyebaran wabah.

Sekilas kita dapat melihat data yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan jenis-jenis kartu lain secara nasional.

Masalahnya, adakah entitas data tersebut berasal dari satu sumber (single data source) yang kemudian dikembangkan sesuai peruntukkannya pada bidang-bidang praktis kehidupan sehari-hari seperti pada pencegahan dan penanganan wabah virus Corona 19 ini? Misalnya, berdasarkan NIK, kita dapat melacak dari satu sumber apakah seseorang sudah punya SIM, dapat PKH, dapat KIP, memiliki rekam medis, memilki rekam jejak sosial, rekam kontak pribadi, prestasi pribadi, atau urgensi lain yang dapat dipajankan sesuai dengan aspek legal yang menaunginya.

Kita berharap amanah Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (Perpres SDI) mampu mewadahi ini semua dan segera terealisasi dalam beberapa tahun ke depan sehingga ketika terjadi bencana alam atau nonalam, pemerintah dapat mengoptimalkan pengolahan data untuk mitigasi multikeperluan di lapangan.

Dalam pencegahan dan penanganan virus Corona 19, kita gembira atas aplikasi-aplikasi yang dirilis untuk tracing and tracking terhadap seseorang meskipun belum optimal penggunaannya di kalangan masyarakat. Namun, setidaknya, ini realisasi merupakan terapan basis data terpusat terkelola dengan baik yang walaupun alat tersebut perlu dimutakhirkan setiap saat hingga data invidu secara utuh dapat dilihat pihak yang berkompeten dan berwenang untuk keperluan penanganan mitigasi bencana.

Data relasional antar instansi/lembaga dari pemerintah desa hingga pusat diharapkan sinkron dan dapat dibagipakaikan sesuai peruntukkannya dengan tetap menjaga kerahasiaan data untuk konsumsi publik. Kita berharap, dalam pencegahan dan penanganan bencana sejenis virus Corona 19 ke depannya kita tidak gagap lagi karena ketersediaan basis data yang terpusat.

Terlepas dari kelemahannya, sedikitnya basis data terpusat memberikan kita banyak manfaat seperti pembaruan data; kecepatan dan produktivitas; akurasi dan konsistensi; analisis; keamanan, pemulihan, dan transaksi data.

Harapan kita, basis data terpusat ini terus dikembangkan oleh pemerintah untuk keperluan apa pun bidang-bidang kehidupan kita, terutama dalam mitigasi bencana yang telah membelajarkan kita banyak hal selama pandemi ini.

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *