HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Kepedulian Pemilik Galian C Dengan No Wiup : 21.12105.19.2019001 Terhadap Penguna Jalan Dipertanyakan

LABUHANBATU,MATALENSA.CO.ID.Galian C milik Sumitro di dusun Bangun jadi Desa Tebing Lingahara Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu layak dipertanyakan kepeduliannya terhadap kepentingan dan keselamatan penguna jalan maupun warga sekitar lokasi galian.


Seperti pantauan wartawan diseputar jalan umum didesa Linggahara terlihat beberapa jalan umum yang di lintasi truck pengangkut tanah dari lokasi galian tersebut rusak dan berlubang sehingga menyulitkan masyarakat sekitar lokasi galian untuk melintasi jalan utama yang menghubungkan dua desa tersebut.


Padahal, Sebagaimana di atur pada Pasal 95 UU No.04 Tahun 2009 dimana pada poin a. Pihak pengelola tambang pihak pengelola . menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik, yang mewajibkan pemegang IUP dan IUPK untuk melaksanakan beberapa ketentuan  yakni keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan, keselamatan operasi pertambangan,pengelolaan dan pemantauan lingkungan pertambangan, termasuk kegiatan reklamasi dan pasca tambang, upaya konservasi sumber daya mineral dan batubara, pengelolaan sisa tambang dari suatu kegiatan usaha pertambangan dalam bentuk padat, cair, atau gas sampai memenuhi standar baku mutu lingkungan sebelum dilepas ke media lingkungan.


Sesuai dengan pasal 95 UU No.4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (“UU Minerba”) yang menyebutkan pemilik galian C wajib

memperhatikan kepentingan dan keselamatan masyarakat sekitar lokasi galian.


Perlu diketahui, izin pertambangan Sumitro itu bernomor : 240/449/DIS PM .PPTSP/5/XI.1.b/TV/2019 berkode Wiup : 21.12105.19.2019001 yang diketahui sebagai penyuplai penimbunan tanah di proyek strategis nasional RPK- 2 di Labuhanbatu


Terpisah, Jansen Nainggolan selaku ketua LSM Topan-Ri kabupaten labuhanbatu meminta kepada pihak Dinas terkait meninjau langsung atas informasi tersebut guna melakukan penyelidikan atas izin yang di keluarkan," pada izin itu sudah jelas ada undang-undang dana pasal demi pasal yang harus di taati, jadi kalau sudah seperti ini pihak Dinas terkait harus bertindak tegas sebagai mana mestinya" paparnya.

(Andi.c.d)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *