HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

EKSOTISME MALUKU Setiap Detik adalah Perubahan.


Maluku.Matalensa.co.id.Jeannie Latumahina
"The universe is infinite and eternal, and that events in the world are ultimately  based on the motions and interactions of atoms moving in empty  space" Epicurus

" The reason why the universe is eternal is that it does not live for itself, it gives life to others as it transforms" Lao Tzu

Setiap detik adalah perubahan.

Anugerah berkat Sang Pencipta alam semesta
dikawasan kepulauan Maluku, terdapat 25 Blok Migas. Seperti Blok Gas Abadi Masela dll

Kawasan Maluku memiliki nilai historis dan nilai strategis, selama lebih dari 800 tahun pada level global dan kawasan Asia, yang pada masa-masa yang akan datang sangat mempengaruhi bahkan menentukan daya saing, abad 21.

Nilai Strategis Maluku terletak pada mineral- mineral strategis. Gerakan tektonik gerak lempengan Samudera Pasifik, dan Australia jutaan tahun , membuat kawasan Maluku terjepit diantara dua lempengan raksasa ini.

Instrusi batuan-batuan asidik menyebabkan mineralisasi logam- logam dasar. Dari mineralisasi logam- logam dasar itu, terbentuk cadangan tembaga, emas , atau mineral lainnya, seperti batubara, gambut, aluminium, nikel, kronium, kobalt, besi, timah,mangan, mercuri, timbel, tungsten dan seng.

Selain itu secara historis Maluku dan sekitarnya kaya ikan, mutiara, cangkang, getah damar,tripang, hasil hutan,dll.

Propinsi Maluku memiliki potensi sumber daya perikanan sebesar 1.627.500 ton/ thn.

Maluku adalah zona awal titik penentu negara super power di dunia. Sejak dini awal abad 21, Amerika Serikat menggeser strategi ekonomi dan maritim, dari zona pusat ekonomi dan maritim EURO ( Eropa Barat ) ke pusat ekonomi dan maritim Asia Pasifik.
Sejumlah lembaga riset berupaya memetakan dasar- dasar dan arah pergeseran pusat ekonomi dari zona lautan Atlantik ke zona Asia Pasifik.

Pergeseran pusat gravitasi ekonomi dunia bergerak sangat cepat bahkan paling cepat sepanjang sejarah umat manusia dan planet bumi, yakni 140 km per tahun dari zona Lautan Atlantik, tahun 1980 an ke Zona Asia sekitar tahun 2025. Pada tahun 2030, lebih dari separuh konsumen kelas menengah dunia, tinggal dan hidup di Asia Pasifik.

Zona ini awal abad 21 menguasai lebih dari separuh nilai perputaran triliun dolar AS ekonomi dunia .Selama 40 thn terakhir, perekonomian negara- negara tumbuh hampir 5 kali lipat. Pada thn 2030, diperkirakan lebih dari 40 % PDB  Dunia, berada di Asia.

Potensi mineral Maluku, sebagai bagian dari Asia,  antara lain emas dipulau wetar, Ambon, Haruku dan pulau Romang, mercuri dipulau Damar, perak di pulau Romang, logam dasar di pulau Haruku dan Nusalaut, kuarsa di pulau Buru, minyak bumi di pulau Bula,( seram ) laut banda,kepulauan aru, dan cadangan minyak di Maluku Barat Daya, Mangan di laut Banda.

Potensi perairan Maluku antara lain meliputi perairan seluas 658.294.69 km2.
Potensi pariwisata antara lain taman laut, pantai pasir, dan wisata sejarah maritim terpadu.Potensi Budaya di Maluku selama ini termasuk musik dan tari sangat kaya.

Propinsi Maluku terdiri dari gugusan kepulauan Maluku, sekitar 1700an pulau besar dan kecil, dengan luas sekitar 705 .645 km2.Luas daratan sekitar 47.350,42 km2, dan perairan seluas 658.294.69 km2. Potensi hutan propinsi Maluku meliputi hutan konversi 475.433 ha, hutan lindung 774.618. ha, hutan produksi terbatas, 685.947 ha, hutan produksi tetap 908.702 ha, hutan yang dapat di konversi 1.633.646 ha.

Pilihan bagi Maluku ialah
Perubahan ke arah yang lebih baik.
 Memperkuat kapital industri  berbasis keahlian maritim,sains dan teknologi guna mengekstraksi sumber-sumber alam, dengan  sasaran utamanya adalah kesejahteraan rakyat Maluku.

(Rouses/J.L)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *