HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Pemimpin yang Baik..

SAMOSIR,MATALENSA.CO.ID.
Oleh : Brigjend TNI EFFENDY SIHOLE
PANGURURAN - Seorang pemimpin yang baik itu selalu sibuk memikirkan kesejahteraan masyarakat, sibuk memikirkan langkah - langkah konkret membangun daerahnya.(minggu/27/10/2019)

Sibuk kesana kemari, memromosikan daerahnya, melakukan lobi-lobi, dan selalu bangga dengan daerahnya meskipun masih sangat banyak yang  perlu dibenahi.

Seorang pemimpin itu menghabiskan waktunya lebih untuk masyarakat dibanding waktunya dgn keluarga tercinta. Semua berakar dari rasa cinta ke Bona Pasogit dan rasa cinta itu tidak muncul seketika, itu harus melalui proses yang panjang dan perlu pembuktian.

Memori dan ingatan masa kecilnya akan sangat berperan menentukan sosok seorang pemimpin yang benar - benar dan tulus mencintai kampungnya.

Rasa menjadi kata kunci. Ya, kemampuan merasakan apa yang dibutuhkan untuk membangun Samosir.  Memori menjadi bumbu yang menguatkan dan biasanya secara tak sadar sering diungkapkan dengan cetusan hati yang paling dalam baik melalui tulisan puisi ataupun syair lagu.

Orang yang halus  dan tulus hatinya, akan sangat terlihat dari goresan baik melalui syair lagu dan tulisan.

Sangat mudah menebak seseorang, Cukup melihat karyanya. Kalau anda penulis, lihat lah dari gaya tulisan dan kontennya, kalau seorang pencipta lagu lihat dan rasakanlah dari kekuatan syair dan melodinya.

Segera saya mengingat salah satu lagu yang berjudul "Samosir Najogi", salah satu lagu favoritku.

Ini pasti curahan hati penciptanya dan seketika memang ketika mendengarnya memori masa kecil akan Tano Hatubuan ini segera bermunculan. Samosir Negeri Indah Kepingan Surga.

Saat ini, kita harus berbangga, Samosir telah berubah menjadi destinasi wisata Super Priority “The New Bali”.

Saya sebagai Putra Samosir, sangat bangga akan penetapan ini. Dan sewajarnyalah kita semua berbangga hati.

Nah kembali ke awal, pemimpin yang baik itu,  tentu akan sulit mencarinya, mengidentifikasinya,  tetapi satu yang pasti dan harus diyakini, pemimpin berasal dari Tuhan. Selalu Tuhan punya rencana terbaik untuk umatNya. Selalu yang terbaik yang akan dipilih dan ditetapkan oleh-Nya.

Saya masih mengingat periode pilkada sebelumnya, banyak pilihan, janji  - janji berkeliaran dan optimisme tiap kandidat selalu muncul. tetapi itulah proses demokrasi, proses politik dan pada akhirnya,  yang terbaik yang akan selalu menang.  Manat ma  hita unang tartuktuk .

Selalu ada pilihan, untuk dipilih dan selalu ada opsi menjadi alternatif. Tetapi satu yang harus kita ingat, memori dan rasa, menurutku adalah kata kunci.

Pemimpin itu harus bisa merasakan dan rasa akan muncul ketika dia nyata bersama dengan kita, dia mengenal kondisi masyarakatnya dan dia peduli dan tanggap terhadap permasalahan sekecil apapun dalam masyarakatnya.

Dia tidak  mungkin muncul tiba - tiba. Pemimpin itu harus berproses, bersama dengan kita dulunya, menunjukkan langkah dan kebersamaannya. Dalam politik, bisa saja kita terpesona dengan sesuatu yang baru, itu lumrah, manusiawi  dan tidak salah tetapi menjadi penting untuk melihat langkah konkret yang telah dilakukanya.

Saat ini saya merasa Kabupaten Samosir telah berjalan ke arah yang lebih baik dan benar. Perbaikan infrastruktur yang luar biasa, pengembangan destinasi pariwisata yang terencana dengan baik, pertanian yang lebih mumpuni, dan penguatan sumber daya manusia yang semakin terpadu dan itu bisa kita lihat dari tourism minded di setiap destinasi.

Munculnya kantong-kantong destinasi baru pariwisata, meski memang semua pada akhirnya perlu proses dan waktu untuk menuju “New Bali”. Yang pasti, fondasi telah dibangun, regulasi telah ditata, program telah tersusun menuju Samosir yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya-saing. Tetaplah kita Rapberjuang membangun Samosir.

Bravo Samosir – The Super Prority Tourism Destination.

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *