HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

PEMKAB ADAKAN PELATIHAN SAPTA PESONA KEPARIWISATAAN


SAMOSIR,MATALENSA.CO.ID.
PANGURURAN - Sapta Pesona yang dilambangkan dengan matahari yang terdiri dari 7 (tujuh) unsur yaitu, keamanan, ketertiban, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan, merupakan jabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif. Dengan adanya kondisi yang nyaman, dapat menarik minat kunjungan wisatawan dan betah tinggal lebih lama.

Mengingat pentingnya konsep Sapta Pesona dalam kepariwisataan, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir kembali mengadakan Pelatihan dan Penyuluhan Sapta Pesona Tahun 2019. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari dari tanggal 23-25 September 2019 yang diadakan di Hotel JTS Parbaba.

Pembukaan acara pelatihan ini dibuka Bupati Samosir, yang diwakilkan pada Sekretaris Daerah Jabiat Sagala guna pembukaan acara tersebut.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelaksana kegiatan Togar Siboro. Dalam laporannya Togar menyatakan bahwa kegiatan ini dibiayai dari dana bantuan Kementrian Pariwisata. Togar juga menyampaikan bahwa kegiatan ini menghadirkan narasumber Akademi Kepariwisataan (AKPAR) Medan Lonsa Siringo-ringo dan Enny Hasriani serta peserta dari beberapa desa yang mempunyai daya potensial dikepariwisataan.

Diakhir laporannya Togar yang juga sebagai kepala bidang kemitraan mengharapkan agar kiranya para peserta pelatihan ini dapat menangkap apa yang nantinya diajarkan oleh para Narasumber yang berpengalaman ini serta dapat mempraktekkan di desanya masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Sekda Samosir Jabiat Sagala, dalam sambutannya Sekda merasa bangga dan senang dengan adanya kegiatan ini, ia juga menerangkan arti dari Sapta Pesona dan kelanjutannya dalam pelayanan pada para wisatawan yang datang berkunjung ke Samosir. Jabiat menerangkan tiga unsur dalam memajukan kepariwisataan :
1. Unsur Kuliner
2. Unsur Akomodasi
3. Oleh-oleh (Kenangan)

"Ketiga hal tersebut yang paling utama dalam memajukan pariwisata ini adalah Sumber Daya Manusianya. Pariwisata juga perlu kebersamaan para elemen masyarakat, baik itu dari pemuka agama dan organisasi kepariwisataan. Kita semua mesti punya semangat, persepsi yang sama dan apa yang harus dikerjakan di kepariwisataan ini demi suksesnya kepariwisataan Samosir". Ucap Jabiat.

Sekda Samosir juga menyinggung para kaum muda yang kurang berminat untuk masuk sekolah SMK Kepariwisataan. Ia menerangkan akan berita mengenai wisata halal, dimana Gubernur Sumut menyatakan bahwa itu adalah berita hoax, Jabiat menyampaikan bahwa mereka bersama tim telah menjumpai gubernur serta memberikan beberapa masukan. "Kabupaten Samosir sudah welcome sebelum beredar isu wisata halal, dimana pemerintah Kabupaten Samosir sudah berkoordinasi dengan dinas-dinas yang terkait yang ada di Samosir tentang apa yang dibutuhkan para wisatawan mancanegara, di Kabupaten Samosir sudah tersedia masjid dan beberapa mushola di daerah tujuan wisata serta makanan yang halal ". Tutup Jabiat.

Usai kata sambutannya Sekda memberikan cendramata kepada narasumber dan peserta, dimana sebelum acara pembukaan Sekda terlebih dahulu disambut dengan pengalungan Ulos Dinas Pariwisata Samosir yang diwakili oleh Togar Siboro yang membidangi kemitraan di Kepariwisataan dan diakhiri foto bersama.

Sebelum meninggalkan lokasi pelatihan, Jabiat menyempatkan diri memberikan sedikit informasi kepada wartawan Ia menyatakan bahwa percepatan pariwisata, menghimbau agar kiranya para pelaku pariwisata dan seluruh elemen masyarakat agar memberikan hatinya demi terwujudnya pariwisata Samosir bersatu padu dan mengenai program Homestay yang lagi digiatkan oleh kementrian pariwisata.

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *