HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

DITEMUKAN TIGA POHON SAKRAL SUKU BATAK

SAMOSIR,MATALENSA.CO.ID.
PANGURURAN - Batak merupakan Salah satu suku yang Unik diantar Suku yang ada di Indonesia. Suku batak juga dikenal sebagai suku yang Sakral. Hal itu diketahui dengan banyaknya peniggalan peninggalan Leluhur yang masih ditemukan hingga saat ini.

Selain Tempat Sakral dan Ritual Sakral ditanah Batak juga ditemukan Pohon Sakral. Ada tiga jenis Pohon yang biasa disebut Pohon Sakral bagi Suku Batak yakni Hariara, Jabi Jabi dan Baringin.

Ketiga pohon ini hampir ditemukan disetiap perkampungan yang ditemukan di Tanah Batak.

Uniknya, Disatu daerah ditanah Batak, telah ditemukan Ketiga pohon ini Tumbuh disatu tempat. Fenomena ini merupakan satu fenomena yang unik, karena biasanya ketiga pohon ini tumbuh sendiri sendiri atau tidak bersamaan disatu tempat.

Hal ini diketahui awak media saat turun langsung kelokasi di Dusun l, desa Lumban Pinggol, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Rabu (25/9/2019).

Diwaktu yang bersamaan,  J.Sitanggang yang merupakan warga setempat mengatakan, bahwa Pohon tersebut dinamakan Hariara Sigurdung, yang merupakan Perkampungan pertama dari Raja Sitempang keturunan dari Raja Naiambaton (Parna).
"Yang saya ketahui pohon ini bernama Hariara Sigurdung dan tempat ini juga dinamakan Kampung Hariara Sigurdung, yang merupakan
Kampung pertama dari Raja Sitempang. Raja Sitempang adalah keturunan dari Raja Naiambaton (Parna), "Ujarnya.

Masih kata J.Sitanggang,
"Dibawah pohon ini juga tumbuh pohon sakral bagi orang Batak, yaitu Pohon Jabi Jabi dan Pohon Beringin tapi ketiga pohon itu tumbuh bukan karena ditanam melainkan, tumbuh dengan sendirinya. "Ungkap J.Sitanggang mengakhiri.

Pengamatan awak media dilokasi, Pohon Hariara Sigurdung Tumbuh Besar dan tinggi, Pohon Jabi Jabi dan Pohon Beringin masih berukurang kecil, namun ketiga pohon tersebut Tumbuh ditempat yang sama.(Jg.S)

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *