HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

SOLIDARITAS TANPA BATAS.

SAMOSIR,MATALENSA.CO.ID.
Oleh: Drs. Thomson Hutasoit.
PANGURURAN - Salah satu agenda Kepresidenan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 pada 17 Agustus 2019 ialah kegiatan sambung rasa Kabinet Kerja dan mantan Kabinet bersama keluarga untuk membangun dan memperkokoh "Solidaritas Tanpa Batas".

Presiden Jokowi, Wakil Presiden HM. Jusuf Kalla (JK) bersama keluarga (istri, anak, cucu), menteri-menteri dan setingkat menteri, serta pejabat pemerintahan lainnya, termasuk mantan menteri beserta keluarga (istri/suami, anak, cucu) larut bersama dalam kegiatan sangat menggembirakan, menyenangkan, membahagiakan layaknya sebuah keluarga bahagia, tanpa kendala apapun juga.

Kegiatan ini tentu dapat diinterpretasikan aneka ragam arti dan makna.
Betapa tidak....???
Kegiatan baru pertama kali dilakukan serta berimpitan waktu dengan injury time Pemerintahan Jokowi-JK periode 2014-2019 akan berakhir 20 Oktober 2019, sesungguhnya amat sangat menarik di benak publik.

Terlepas dari apa arti, makna sesungguhnya dibalik agenda tersebut, pertemuan lembaga kepresidenan bersama Kabinet adalah sebuah tradisi baru melibatkan keluarga (suami/istri, anak dan cucu) dalam satu kegiatan bersama. Dan yang paling istimewa ialah sebutan kegiatan "Solidaritas Tanpa Batas" menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 74.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2007) Solidaritas ialah keadaan (sifat) solid (kukuh, berbobot, dsb). Sehingga Solidaritas tanpa batas ialah keadaan atau sifat  kukuh, berbobot tanpa batas atau sekat-sekat apapun selaku anak-anak Ibu Pertiwi Indonesia. Aneka perbedaan tidak boleh mengganggu solidaritas antar sesama untuk memperkukuh dan memperkuat tali persahabatan, persaudaraan anak bangsa sepanjang masa.

Solidaritas tanpa batas sesungguhnya suatu kesadaran paling fundamental memperkukuh dan menambah bobot persepsi masyarakat internasional yang positif terhadap bangsa Indonesia yang dapat dijadikan landasan kuat membangun citra positif bangsa di mata bangsa-bangsa di dunia.

Solidaritas tanpa batas antar generasi mempertegas komitmen kebangsaan Indonesia, sekat-sekat apapun tidak boleh mengganggu, merusak dan meruntuhkan solidaritas antar sesama anak bangsa. Karena itu, segala upaya yang ingin membenturkan tali persahabatan, persaudaraan, kerukunan adalah pemikiran keliru besar dan sesat pikir.

Bangsa Indonesia yang lahir dari kesadaran murni dan mendasar dimotori para pendiri bangsa (founding fathers) atas pluralisme-multikultural Nusantara adalah jaminan survival Negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila, UUD RI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kekuasaan boleh berganti dan berlalu, tapi keutuhan dan survival bangsa akan terus berkesinambungan apabila seluruh anak bangsa memperkuat, memperkokoh Solidaritas tanpa batas antar sesama.

Periode kekuasaan tidak boleh merusak hubungan harmoni sesama anak bangsa, dan contoh konkritnya ialah melibatkan mantan menteri Kabinet Kerja seperti Anies Baswedan, dll dalam kegiatan bersama di kompleks Istana Presiden dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 74.

Sadar atau tidak kegiatan luar biasa ini salah satu instrumen "introspeksi" diri serta "Revolusi Mental" bagi seluruh anak bangsa.

Perbedaan pilihan politik, perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) serta perbedaan sektarian-primordial lainnya tidak boleh dijadikan sumber perpecahan, permusuhan ataupun konflik sesama anak Ibu Pertiwi Indonesia. Selaku anak bangsa harus beraksioma dan berikhtiar membangun "Solidaritas Tanpa Batas" cermin masyarakat beradab dan berbudaya warisan leluhur Nusantara.

Seluruh anak bangsa harus menyadari jaminan survival bangsa Indonesia sesungguhnya ialah kemampuan merawat dan memperkokoh "Solidaritas Tanpa Batas" diatas kebhinnekaan, pluralisme-multikultural bangsa Indonesia. Tidak ada bisa hidup diatas planet ini tanpa kehadiran orang dan/atau pihak lain dengan aneka perbedaannya satu sama lain.

Perbedaan, keragaman, kemajemukan atau kebhinnekaan harus disadari paripurna kontruksi Ilahi atas semesta alam. Karena itu, menjaga dan memperkokoh Solidaritas tanpa batas suatu keniscayaan tak bisa dipungkiri oleh siapapun diatas planet ini.

Solidaritas tanpa batas juga mempertegas kepada dunia, bahwa bangsa Indonesia warga dunia cinta damai serta solider terhadap sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Dirgahayu Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.....!!!


Salam NKRI.........!!! MERDEKA......!!!

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *