HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

BLUE SKY PROGRAMMES

SAMOSIR,MATALENSA.CO.ID.
Oleh : Efendy Naibaho
PANGURURAN - 'Menanam 8 Juta Pohon Aren di Kawasan Danau Toba'

Saat Pemerintah menggalakkan pariwisata, masyarakat juga harus mampu menaiki tangga situasi baru agar tidak tercecer. Kearifan lokal masyarakat adalah basis utama yg harus diseleksi untuk menjadi energi masyarakat.

Berbagai pilihan tersedia, setelah diuji dan diundi, penanaman arenlah menjadi pilihan. Kenapa? Kawasan danau toba adalah dataran tinggi yang rawan longsor. Sebagai dataran tinggi, oksigen di udara sangat tipis, yang membuat para pendatang (wisatawan) tidak betah berlama lama di sana. Aren sangat dikenal oleh masyarakat sehingga sangat mudah disosialisasi.

Fungsi lingkungan, 8 Juta pohon aren akan mampu menebalkan oksigen di udara, membuat orang nyaman. Bioetanol yang dihasilkan akan menjadi kandungan utama bahan bakar kenderaan bermotor, Dataran tinggi pun terjaga dan terlihat indah memambah keindahan danau Toba.

Fungsi ekonomisnya luar biasa, 8 Juta pohon aren akan mampu memghasilkan 80 T Rupiah pertahun dari keseluruhan produksinya.... Kayu, Sagu, Nira, Pestisida/Insektisida, obat ginjal. Industri yang Memgikuti adalah Industri Palm sugar, Industri Bioethanol, dan Industri Senjata.

Penanaman adalah kebersamaan seluruh pihak, khususnya oleh masyarakat dan manfaatnya pun untuk masyarakat. Semua Industri bersifat ekspor sehingga tidak perlu galau dengan pasar dalam negeri, kecuali tuak.....

Bagaimana dengan proses pemanenan, he he.... Itulah Paragat dan ada.masternya, yaitu Amang Paragat yang masih dirahasiakan namanya dan telah ada komunitasnya.

Imajo tusi, ido program langit biru i atau Blue Sky Programmes.....

Horas.... Salam hormat.

(RANTO.S)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *