HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Terkait Berita Bibit jagung yang tidak bagus,ini penjelasan Pemkab Samosir

Samosir.Matalensa.co.id. Munculnya berita – berita mengenai bantuan bibit yang tidak bagus diterima Petani Samosir perlu dijelaskan kepada masyarakat sehingga tidak ada informasi yang simpangsiur.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Erkanus Simbolon menjelaskan mengenai pemberitaan tersebut sebagai berikut :
Bibit Jagung yg kita terima adalah bantuan dari Provinsi Sumatera Utara dengan farietas Bima URI 19 dengan daerah penerima Kecamatan Pangururan, Kecamatan Sianjur mula-mula, Kecamatan Nainggolan dan Kecamatan Ronggur Nihuta yang dialokasikan sekitar lebih kurang 26 Ton.


Bibit diserahkan kepada kelompok Tani pengusul di 4 Kecamatan, setelah ditanam para kelompol Tani banyak bibit yang tidak tumbuh, pertumbuhan sekitar 30 – 40 persen.

Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Samosir menghubungi pihak Dinas Ketahanaan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara dan telah menurunkan tim untuk turun ke lapangan dan melihat kondisi lapangan.

Dinas terkait melakukan uji balik ke Laboratorium untuk sisa bibit yang belum ditanam, ternyata bibit tersebut rusak dan tidak dianjurkan ditanam lagi bibit jagung nomor log 168, 182, 170 sedangkan yang lolos uji itu nomor log 179. Setelah itu kita sudah mengadakan rapat di Dinas bersama pihak Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, para pertani, penyedia, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir melalui bidang TPH (Tanaman Pangan Hortikultura) Pemkab Samosir bersama UPTD dan PPL. Kita sepakati, mereka akan ganti bibit tersebut sebesar 70 persen dari alokasi yang tersedia.

Hal ini juga sudah kita laporkan langsung bersama Pak Bupati kepada Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gatot Irianto. Beliau sangat merespon kejadian tersebut dengah menyarankan supaya di lengkapi laporan lapangan dan foto dokumen tasi. Pihak Kementan bersedia mengganti sejumlah bubit yg rusak tersebut. Demikian penjelasan kami.

(Ranto.Sihole)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *