HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Slider

sponsor

sponsor
spot.com

KESEHATAN

Hari Ulang Tahun


DAERAH

POLITIK & HUKUM

PENDIDIKAN

OLAHRAGA

WISATA

Selamat Berbahagia


Pages

Popular Post

Akibat Adanya Perubahan Air Danau Toba,Banyak Ikan Bermatian

Samosir.Matalensa.co.id. Pupus sudah,peternak Ikan Bakal Merugi,akibat ikan ikan bermatian dalam Keramba Jaring Apung (KJA) di Perairan Danau Toba, Sitanggang au, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir sejumlah ikan dalam Keramba Jaring Apung (KJA) di perairan Danau Toba bermatian. Belum diketahui penyebab atas matinya ikan-ikan tersebut. Namun Peternak Ikan menduga, kematian ikan itu terjadi diakibatkan perubahan air Danau Toba.

Peternak ikan pemilik KJA di Sitanggang bau Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir terlihat sibuk mengumpulkan ikan yang mati untuk dikuburkan. Kematian ikan ikan tersebut berdampak besar terhadap kelangsungan bisnis mereka.

Menurut pengakuan salah seorang Peternak Ikan ditemui dilokasi, kejadian kematian ikan itu dilihatnya pada Selasa, (21/8) pagi.

"Saat itu air berubah warna menjadi keruh, kemudian tidak lama setelah itu ikan menggap-menggap lalu bermatian," ujar Polda Sitanggang kepada Matalensa.co.id Rabu (22/8).

Pendapat yang senada juga disampaikan oleh Camat Pangururan Dumosc Pandiangan. Ia mengetahui kejadian tersebut atas laporan dari Para Peternak Ikan.

Mendengar kejadian itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir, Sudion Tamba menurunkan stafnya untuk  membantu para petani ikan untuk mengumpul dan mengubur ikan-ikan yang mati.

"Besok akan dilakukan pemeriksaan terhadap kualitas air," ujar Sudion menambahkan.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Jhunellis Sinaga berpendapat, penyebab kematian ikan disebabkan karena kekurangan oksigen atau 'upwelling'. Dimana fenomena air yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar dari dasar laut bergerak ke permukaan akibat pergerakan angin di atasnya.

Meskipun demikian, pihaknya akan melakukan penelitian uji laboratorium perikanan di Kota Medan untuk memastikan penyebab kematian ikan-ikan tersebut.


(Ranto.Sihole

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *